Jakarta,Selular.ID – Snapchat sepertinya melakukan upaya agar tidak ditinggal penggunanya. Upaya yang dilakukan adalah dengan menghadirkan fitur baru.

Fitur bertajuk lens Explorer adalah
fitur yang dibuat Snapchat untuk menjadikan jejaring sosialnya bisa mengakses langsung Lensa atau filter buatan para penggemar Snapchat.

Lensa Explorer saat ini baru tersedia di iOS. Untuk menggunakannya, fitur ini akan muncul sebagai sebuah ikon ketika penggunanya mengaktifkan ‘Lens Carousel’ yang ada pada aplikasi Snapchat dengan cara mengetuk dan menahan layar.

Baca Juga:  Dijual Rp1,7 Jutaan , Ini Kemampuan Kacamata Buatan Snapchat

Seperti dilaporkan Mac Rumors, bagi pengguna yang ingin membuat lensa atau filter kreasinya sendiri, pengguna dapat mengunduh aplikasi Lens Studio di komputer.

Fitur Lens Explorer ini memang belum hadir untuk seluruh pengguna Snapchat di seluruh dunia, namun penggemar Snapchat dapat mencari dan mencoba lensa buatan pengguna ini dengan mencari lensa yang diinginkan pada kolom ‘Search’ atau berjelajah pada kategori Community Lens.

Baca Juga:  Oracle dan Snapchat Mengukur Dampak Iklan Terhadap Penjualan

Snapchat bukanlah sosok asing di bidang augmented reality. Mereka sudah menyediakan fitur Lens sejak lama, dan menjelang akhir tahun kemarin, mereka merilis aplikasi Mac dan Windows bernama Lens Studio, yang memungkinkan siapapun untuk merancang filter wajah maupun objek AR interaktif versinya sendiri untuk digunakan di Snapchat.

Baca Juga:Snapchat Siap Perkenalkan Fitur Baru Untuk Saingi Instagram

Sejak Lens Studio diluncurkan, sudah ada lebih dari 100 ribu Lens unik yang dikumpulkan oleh para kreator, dan ini semua juga telah dilihat oleh pengguna Snapchat sebanyak lebih dari 2,5 miliar kali. Namun yang menjadi kendala, menemukan Lens garapan komunitas ini tidak gampang.