Sunday, November 17, 2019
Home Apps Selama Piala Dunia 2018, Pengguna Google Translate Melonjak

Selama Piala Dunia 2018, Pengguna Google Translate Melonjak

-

Jakarta,Selular.ID – FIFA World Cup 2018 Rusia baru saja usai, gelaran sepak bola dunia empat tahunan ini selalu mengisahkan hal-hal menarik.

Begitupun yang dialami Google translate, dikabarkan The Guardian, dalam sebulan terakhir selama Piala Dunia berlangsung, semua fans termasuk para jurnalis yang meliput Piala Dunia 2018, memanfaatkan Google Translate dan aplikasi penerjemah lain untuk berbagai keperluan.

Sehingga penggunaan aplikasi penerjemahan mengalami kenaikan selama Piala Dunia 2018, dibanding hari-hari biasa.

Mereka memanfaatkan aplikasi penerjemah itu untuk menanyakan petunjuk lokasi, bercakap dengan supir taksi, check-in hotel, berkenalan dengan fans dari negara lain dan sebagainya.

Tidak hanya itu, para turis banyak menggunakan teknologi kamera yang mampu memindai bahasa lalu mengalihkannya ke bahasa yang dipahami pengguna.

Dengan kamera penerjemah, pengguna bisa memahami menu makanan yang tertulis dengan bahasa setempat, mengurai petunjuk tertentu dan membaca nama stasiun kereta bawah tanah.

Menurut Google, kosa kata yang paling banyak dicari di Google Translate adalah world cup dengan presentase 200 persen, stadium 135 persen, lalu beer 40 persen.

Google menyebutkan, bahasa yang paling banyak diterjemahkan adalah Spanyol. Selain itu, terjemahan antara bahasa Arab dan Rusia dilaporkan meningkat 40 persen.

Lonjakan pengguna rupanya telah diprediksi oleh Google, hal tersebut terlihat saat pengguna Google Translate Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil yang juga meningkat.

Baca Juga:Google Rilis Desain Baru Chrome Versi Desktop

Tercatat, Google Translate memiliki 500 juta pengguna dan mengalih-bahasakan 143 miliar kata per hari dari 100 lebih bahasa. Aplikasi ini bisa menerjemahkan 37 bahasa via foto, 32 bahasa melalui percakapan suara dan 27 bahasa via video real-time dengan mode augmented reality.

Sekadar informasi, Google Translate sudah tersedia dalam 103 bahasa. Aplikasi terjemahan ini juga memiliki beragam fitur, seperti penerjemahan offline.

Latest