Sunday, November 17, 2019
Home News Kominfo : Regulasi Jangan Jadi Hambatan Operator Selular

Kominfo : Regulasi Jangan Jadi Hambatan Operator Selular

-

Jakarta, Selular.ID – Peranan operator telekomunikasi di Indonesia terasa sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Para pelaku industri seperti penyedia network, produsen smartphone dan lainnya juga merasakan dampak dari layanan telekomunikasi dari operator selular. Para pelaku industri telekominikasi seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri dan Smartfren terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Meskipun berkompetisi dalam memberikan layanan terbaik, para operator selular membentuk Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) pada tahun 1996 silam. Melalui ATSI, para provider dapat memecahkan segala masalah yang dialami asosiasi ini sendiri maupun masing-masing provider.

Namun, dalam memberikan layanan telekomunikasi para provider masih mengalami kendala. Untuk memudahkan para operator Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membantu semua operator di Indonesia dalam mengatasi segala kendala yang dihadapi.

“Kita membuka jalan untuk para operator untuk berdiskusi dengan Kominfo mengenai masalah regulasi. Nanti keinginan dari operator akan kami tampung dan buatkan regulasinya. Jangan takut masalah frekuensi. Kita akan buatkan regulasi baru,” ungkap Rudiantara saat acara Halal Bihalal di Rumah Dinasnya di Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Menurut Rudiantara, Kominfo tak hanya regulator namun sebagi fasilitator dan akselerator.

“Regulasi jangan jadi penghambat bagi para operator. Operator harus menjadikan regulasi menjadi sesuatu yang besar. Pola pikir para provider harus out of the box,” jelasnya.

Dijelaskan Rudiantara, Kominfo bersama operator akan melakukan ujicoba jaringan 5G pada perhelatan Asian Games bulan depan.

“Ujicoba yang kami lakukan di frekuensi 3GHz dan 8GHz. Ujicoba ini lebih ke masalah teknis,” tandas pria yang kerap disapa Chief RA.

Dikatakan Chief RA, Kominfo telah memiliki Peraturan Menteri (Permen) yang mengatur ujicoba jaringan 5G.

“Ekosistem 5G itu bukan hanya frekuensi, perangkat smartphone yang digunakan pengguna dan aplikasinya. Semuanya harus lengkap,” tutup Rudiantara.

Latest