Beranda Apps Instagram Memiliki 95 Juta Akun Palsu

Instagram Memiliki 95 Juta Akun Palsu

-

Jakarta,Selular.ID-Sebagai media sosial berbagi foto dan video instagram memang memiliki banyak pengguna. Dalam laporan riset Ghost Data disebutkan bahwa pengguna Instagram kini mencapai satu miliar akun.

Tetapi dari laporan tersebut diketahui bahwa 95 juta adalah akun palsu. Dilaporkan Mobile Marketer, lembaga riset ini menemukan bahwa akun palsu cenderung mengikuti banyak akun Instagram populer, tetapi mengunggah foto yang didapatkan dari situs web lain.

Dalam laporan dikatakan, akun-akun palsu tetap merajalela di media sosial. Masalahnya, para pengiklan membayar jasa selebgram berdasarkan jumlah follower yang dimiliki.

Namun yang perlu dikhawatirkan adalah
95 juta akun palsu itu bisa saja disalahgunakan untuk menebar hoaks dan berita palsu, hate speech, dan propaganda politik.

Ghost Data mengestimasikan, persentase pengguna Instagram yang sifatnya bot atau palsu meningkat 9.5 persen tahun ini, sedangkan pada 2015 sebanyak 7,9 persen dari total akun.

Pelu diketahui, akun palsu di Instagram, sebagaimana marak ditemukan, biasanya berisikan konten-konten aneh, termasuk di dalamnya konten porno. Adapula akun-akun yang menawarkan jasa menambah follower.

Instagram pun merasa jengah dengan akun palsu ini dan dilaporkan mulai memberantas akun palsu. dimulai dengan menutup layanan Instagress tahun lalu.

Instagress cukup populer di kalangan pengguna. Dengan membayar USD 10 atau sekitar Rp 130 ribu perbulan, pengguna bisa mendapatkan follower dalam bentuk bot.

Biasanya jasa ini diminati oleh pengguna Instagram yang ingin menambah follower dalam waktu yang singkat. Dengan jumlah follower yang banyak, maka ini akan menguntungkan mereka yang memanfaatkan Instagram sebagai akun untuk berjualan.

Informasi penutupan ini disampaikan langsung oleh pengumuman di situs Instagress saat itu.Akun palsu sendiri tidak akan hilang begitu saja dan akan tetap terus bermunculan. Walau begitu, Instargam tetap mengawasi dan siap memberangus kapan saja.

Artikel Terbaru