Jakarta, Selular.ID – Kebanyakan smartphone di pasaran saat ini sudah dilapisi kaca anti gores. Namun, kaca anti gores tersebut tidak mampu melindungi layar smartphone dari kotoran dan bekas sidik jari penggunanya yang menempel.

Untuk mebersihkan kotoran ataupun bekas sidik jari pada smartphone, Anda harus berhati-hati karena layar tersebut sangat sensitif. Oleh karena itu, Anda harus memiliki trik jitu dalam membersihkan layar smartphone Anda.

Berikut ulasannya.

  1. Matikan smartphone

Pastikan smartphone Anda dalam keadaan mati, agar ketika dibersihkan, perangkat tidak memberikan respon terhadap sentuhan ataupun gesekan. Hal ini juga dapat menghindari terjadinya korsleting pada saat layar dibersihkan menggunakan cairan pembersih.

  1. Gunakan cairan pembersih

Membersihkan layar smartphone dalam kondisi kering memang agak susah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda gunakan cairan pembersih kaca. Namun, Anda harus pastikan cairan pembersih tersebut aman bagi smartphone Anda. Sebaiknya, jangan teteskan cairan pembersih tersebut langsung pada layar smartphone tersebut. Teteskan cairan tersebut secukupnya pada kain untuk membersihkan smartphone Anda. Perlu diingat, jangan berlebihan menggunakan cairan tersebut karena tidak semua smartphone bisa menerima cairan tersebut.

  1. Pilih kain berjenis microfiber

Gunakan bahan yang halus dan lembut sehingga tidak menimbulkan goresan pada layar smartphone Anda ketika dibersihkan. Sebaiknya, gunakan kain berjenis microfiber saat membersihkan layar smartphone Anda. Kain berjenis microfiber tersebut mempunyai serat yang halus jadi sangat aman untuk layar sentuh. Anda juga membersihkan layar smartphone Anda dengan kapas, tisu, kain dan bahan lainnya yang halus dan bersih.

  1. Gosok secara melingkar dan perlahan

Setelah diberi cairan pembersih, bersihkan smartphone Anda secara perlahan menggunakan kain berbahan halus. Bersihkan layar smartphone Anda secara melingkar agar kotoran yang menempel lekas hilang. Kebanyakan pengguna smartphone membersihkan layar smartphone dengan cara mengusapnya secara horisontal dan verikal. Cara ini justru membuat kotoran pada layar smartphone semakin melebar.