Tuesday, April 23, 2019
Home News Telco Pelanggan Selular Harus Waspada NIK

Pelanggan Selular Harus Waspada NIK

-

Jakarta, Selular.ID – Pada proses registrasi kartu prabayar selular sempat terjadi kecurangan yang dilakukan beberapa pihak yang menggunakan NIK bukan miliknya pada proses registrasi tersebut.

Kecurangan tersebut disinyalir hingga saat ini masih terjadi dalam proses registrasi prabayar. Hal ini dikarenakan masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki dalam proses registrasi prabayar.

“Pelanggan harus rajin memeriksakan apakah NIK nya terdaftar untuk nomer-nomer yang bukan miliknya,” ungkap Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel saat bertemu dengan media di Jakarta (8/6/2018).

Kesadaran untuk memeriksakan apakah NIK-nya benar-benar terdaftar sesuai nomer yang dimilikinya ini harus dimiliki oleh pelanggan karena dapat berdampak sangat merugikan bagi dirinya jika NIK miliknya digunakan oleh orang lain.

Bagi pihak-pihak yang menggunakan NIK milik orang lain dalam pendaftaran kartu prabayarnya ini juga terancam pidana karena melanggar Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Pasal 94 UU Kependudukan tersebut berbunyi: “Setiap orang yang tanpa hak menyebarluaskan Data Kependudukan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79 Ayat (3) dan Data Pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 86 Ayat (1a) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah)”.

Pengecekan NIK ini bisa dilakukan pelanggan karena setiap operator menyediakan fitur pengecekan NIK tersebut.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pelanggan untuk pengecekan NIK:

Telkomsel: https://telkomsel.com/cek-prepaid atau ketik *444#.

Indosat Ooredoo: ketik INFO#NIK kirim ke 4444 atau https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index.

XL Axiata: ketik *123*4444# .

Tri Indonesia: https://registrasi.tri.co.id/ceknomor

Smarfren: https://my.smartfren.com/check_nik.php.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest