Tuesday, April 23, 2019
Home News Kominfo : Ribuan Konten Radikalisme Berhasil Diblokir

Kominfo : Ribuan Konten Radikalisme Berhasil Diblokir

-

Jakarta, Selular.ID – Konten radikalisme yang marak terjadi di media sosial dan internet menjadi perhatian khusus bagi Kominfo. Terhitung hingga 30 Mei 2018, total konten radikalisme yang telah diblokir berjumlah 4078.

“Dari total 4078 tersebut, setengah nya berasal dari Facebook dan Instagram. Sisanya tersebar di platform lain. Kami terus menyisir konten radikalisme tersebut, disinyalir ada 20 ribuan mengandung unsur radikalisme,” ucap Rudiantara, Menteri Kominfo saat ditemui SelularID pada acara buka puasa bersama di kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Rudiantara menjelaskan sejak tanggal 21 Mei konten radikalisme sudah menurun.

“Walau sudah menurun, kita tak boleh lengah. Sebelum tanggal 21 Mei bisa 400 an konten yang kita blokir perharinya. Sekarang sehari cuma 40 an konten radikal yang kita blokir,” tegas Rudiantara.

Rudiantara menegaskan jika dari 20 ribuan konten tersebut terbukti mengandung unsur radikalisme, maka pihaknya langsung memblokir konten tersebut. Menurutnya, konten radikal seperti Al-Fatihin di dunia maya ada sekitar 70 hingga 80an.

Baca juga: Kominfo : Tidak Ada Ampun Bagi Facebook Jika Memecah Belah NKRI

“Tugas kami hanya memblokir konten radikalisme di dunia maya. Kalau di dunia nyata ya tugas Kepolisian RI. Kami terus bekerjasama dengan Kepolisian untuk mengurangi konten radikalisme,” tutup Rudiantara.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest