Uji jaringan dengan Speedtest (Donnie Pratama Putra/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – Sebelum dan sesudah Lebaran, semua provider di Indonesia memastikan jaringan mereka stabil. Sejumlah langkah telah dilakukan para provider untuk memberikan kenyamanan pagi para pelanggan. Mulai dari penambahan BTS, optimalisasi 4G LTE dan lainnya dilakukan para provider.

Sejumlah titik seperti jalur mudik, tempat wisata dan lainnya menjadi fokus bagi bara provider untuk mengoptimalkan jaringan mereka. Di libur Lebaran ini pun lonjakan traffic data masih terus terjadi. Koneksi internet menjadi kebutuhan utama bagi para pemudik maupun wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata dan kampung halaman.

BACA JUGA:
Catatan Akhir 2018 : Registrasi Prabayar Berujung Negative Growth

Untuk membuktikan kestabilan jaringan di libur Lebaran ini, kami tim SelularID menguji jaringan di sejumlah kawasan wisata di Jakarta. Adapun destinasi wisata tersebut Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah dan Taman Menteng. Provider yang kami gunakan untuk uji jaringan ini adalah Indosat Ooredoo.

Hasil Speedtest di Ancol (Donnie Pratama Putra/Selular.ID)

Kami menggunakan aplikasi Speedtest besutan Ookla. Lantas bagaimana hasilnya ?

BACA JUGA:
Indosat Luncurkan Paket IM3 Ooredoo Unlimited Khusus Instagram
Hasil Speedtest di TMII (Donnie Pratama Putra/Selular.ID)

Ketika kami menguji jaringan di Ancol menggunakan Speedtest, tidak ada kendala berarti. Hasilnya, kecepatan download 27,6Mbps, upload 28,1Mbps, ping 26ms, jitter 8ms dan loss 0%. Selanjutnya di TMII, tercatat download 25,3Mbps, upload 30,8Mbps, ping 30ms, jitter 7ms dan loss 0%. Terakhir, di Taman Menteng tercatat download 33,6Mbps, upload 37,0Mbps, ping 27ms, jitter 4ms dan loss 0%.

BACA JUGA:
Revenue Data Meningkat, Indosat Agresif Bangun Infrastruktur 4G
Hasil Speedtest di Taman Menteng (Donnie Pratama Putra/Selular.ID)

Kami juga menguji jaringan 4G LTE Indosat Ooredoo secara manual. Kami mencoba streaming video di YouTube, download video dan download aplikasi. Sinyal jaringan 4G LTE ketika berada di tempat wisata tersebut cukup stabil.

Namun terkadang tidak stabil. Ketika hujan datang, sinyal terganggu dan koneksi hilang. Selain koneksi data, kami juga mencoba menelpon menggunakan Indosat.

Ketika cuaca cerah, komunikasi lancar. Sebaliknya, jika hujan komunikasi terhambat, suara terputus-putus.