Wednesday, January 22, 2020
Home News E-Commerce Dukung Produk Lokal, Shopee Luncurkan Batik Eksklusif

Dukung Produk Lokal, Shopee Luncurkan Batik Eksklusif

-

Jakarta, Selular.ID – Mendukung produk dan talenta lokal Indonesia, Shopee menghadirkan program “Kreasi Nusantara” sejak Februari 2018. Salah satu wujud dukungan tersebut, hari ini (29/6) perusahaan meluncurkan Batik Shopee.

Motif batik eksklusif ini bertemakan “Swarnadwipa” yang berarti tanah emas.

Bukan batik biasa, Batik Shopee dibuat oleh ibu-ibu dari Rusunawa Pulogebang. Berkolaborasi dengan JKT Creative, Shopee turut memberdayakan para ibu dalam membuat motif batik yang unik khasnya sendiri seperti Swarnadwipa.

Batik ini nantinya akan digunakan sebagai seragam oleh representatif Shopee dan juga merchandise seperti pouch, totebag, t-shirt, dan scarf.

Konsumen juga bisa memiliki empat produk Batik Shopee di atas dengan mengunjungi bagian “Kreasi Nusantara” di aplikasi Shopee.

Radityo Triatmojo, Head of Government Relations Shopee Indonesia mengatakan Shopee berkomitmen untuk memberdayakan UKM dan batik, serta berupaya untuk mengembangkan potensi produk lokal Indonesia.

“Melalui peluncuran Batik Shopee, kami berharap dapat mendorong perkembangan ekonomi digital dan meningkatkan kapasitas diri para pelaku usaha lokal khususnya pengrajin batik,” papar Radityo pada peluncuran Batik Shopee di Jakarta, Jumat (29/6/2018).

Menurut Radityo, penjualan Batik di Shopee meningkat hingga 2x lipat sejak Kreasi Nusantara diluncurkan.

Iwet Ramadhan sebagai Co-Founder dari JKT Creative menjelaskan, “Motif Batik Shopee tersusun atas kombinasi tanahan dan buketan klasik batik Pekalongan sedangkan aksen lingkaran merupakan simbolisasi dari bibit yang membuat tanah ini menjadi subur dan mencapai keemasannya.”

Sejalan dengan visi yang ingin dicapai untuk memaksimalkan potensi batik di Indonesia, Shopee dan JKT Creative juga mengedukasi 250 pengrajin batik melalui Kelas Inspirasi Shopee Edisi Batik di Solo dan Pekalongan.

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat mendorong para pelaku usaha untuk mengembangkan usaha mereka dan memanfaatkan platform digital untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Sejak peluncurannya pertama kali di bulan Februari 2018, Kreasi Nusantara telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Pembelian produk lokal di Kreasi Nusantara meningkat hampir 3x lipat.

Selain itu, lebih dari 1.000 produk lokal ditampilkan dan dikurasikan setiap minggunya dalam berbagai klasifikasi kategori koleksi pilihan produk Kreasi Nusantara termasuk Gaya Etnik, Karya Lokal, Kudapan Asli Indonesia, dan Semua Produk untuk memudahkan pengguna mencari barang yang mereka inginkan.

Di kesempatan yang sama, Triawan Munaf, selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyambut baik inisiatif Shopee dalam meluncurkan Batik Shopee.

Menurutnya, Kreasi Nusantara merupakan salah satu inisiatif positif dari pelaku e-commerce yang dapat membantu Bekraf meningkatkan potensi ekonomi kreatif di Indonesia.

“Saat ini, ekonomi kreatif menunjukkan kontribusi yang luar biasa bagi perekonomian Indonesia. Selain mendukung perekonomian nasional, kami yakin bahwa peluncuran Batik Shopee dapat turut meningkatkan minat masyarakat Indonesia terutama generasi milenial yang sangat aktif di era digital untuk ambil bagian dalam melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya lokal Indonesia.”

Untuk membeli merchandise Batik Shopee seperti pouch, totebag, t-shirt, dan scarf, konsumen bisa mengunjungi bagian Kreasi Nusantara melalui aplikasi Shopee.

Latest