Jakarta, Selular.ID – Awalnya Google Lens hanya tersedia di seri perangkat Pixel besutan Google sendiri. Namun, sejak Maret 2018, Google mulai memberikan Google Lens untuk perangkat Android lain melalui Google Photos.

Setelah hadir di Google Photos, akhirnya Google Lens tersedia di Play Store, namun aplikasi yang berdiri sendiri ini baru tersedia di beberapa negara.

Tidak hanya itu saja selama beberapa bulan terakhir, Google terus mengembangkan Lens agar masuk ke produk ponsel sebanyak mungkin. Informasi terbaru, aplikasi ini diintegrasikan ke dua ponsel Sony, Xperia XZ2 dan Xperia XZ2 Compact.

BACA JUGA:
Google Kian Selektif Pilih Aplikasi Masuk ke Play Store

Seperti diberitakan Android Authority, Lensa pintar dari Google ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan untuk mengenali obyek gambar dan memuat informasi tentangnya, misalnya bangunan terkenal.

Beberapa waktu lalu Google mengembangkan agar Lens mampu mengenali jenis anjing dan kucing ketika pengguna mengarahkan kamera ke arah hewan tersebut.

Google Lens dapat dipakai di semua perangkat yang menjalankan minimal Android Marshmallow, sementara versi Android di bawah itu belum mendukung.

BACA JUGA:
Chrome Akan Beri Tahu Jika Password Anda Diretas

Selain perangkat Android di luar Pixel, Google juga menjanjikan Lens akan segera hadir di platform iOS (iPhone), namun tanggal pastinya belum disebutkan.

Google juga menjanjikan Lens akan segera hadir di platform iOS (iPhone), namun tanggal pastinya belum disebutkan.Google Lens Akhirnya Tersedia untuk Semua Android, Platform iOS Menyusul.

Sebagai informasi, Google Lens menciptakan algoritma yang memungkinkan kamera perangkat Android tak hanya membidik apa yang dilihat, tetapi juga menangkap momen apa yang dibidik. Untuk memaksimalkan fungsinya agar kian cerdas, Google Lens akan dibantu oleh Google Assistant.

BACA JUGA:
April Google+ Ditutup, Sejumlah Fitur Mulai Dimatikan

Baca juga: Kamera Pintar Google Lens Akan Hadir di Semua Smartphone Android

Secara mekanisme, Google Lens diklaim amat membantu penggunanya. Google Assistant akan memberitahukan pengguna mengenai informasi seputar objek yang difoto, mulai dari jenis bunga, hingga toko bunga terdekat yang menjual bunga itu.