Jakarta, Selular.ID – Akhir Maret 2018, Honor resmi debut di pasar Indonesia. Bukan satu, brand asal Tiongkok itu membawa tiga model sekaligus. Mereka adalah Honor 9 Lite, Honor 7X, dan Honor View 10.

Kendati sudah diumumkan, namun hingga akhir April, baru satu model yang beredar di nusantara. Bulan lalu, Honor 9 Lite sudah edar di Shopee dengan harga Rp2.499.000. Dan mulai hari ini (16/5/2018), perangkat kedua Honor, yaitu Honor 7X sudah bisa ditemukan konsumen Indonesia.

Penjualan perdana Honor 7X ditawarkan secara eksklusif melalui gelaran Flash Sale di Lazada pada Rabu, 16 Mei 2018, pukul 11.00 wib dengan harga Rp2.999.000. Usai Flash Sale Lazada, smartphone Honor 7X bisa ditemukan konsumen di gerai-gerai offline mitra Honor dengan harga resmi Rp3.499.000

Melalui Honor 7X, perusahaan Sub-Brand dari Huawei itu berusaha menjawab kebutuhan masyarakat akan smartphone dengan spesifikasi mumpuni tapi dibanderol dengan harga cukup bersahabat. Dua poin itu tentunya menjadi idaman bagi setiap masyarakat pengguna smartphone.

Akhir tahun lalu, Honor telah berhasil melakukan ekspansi penjualannya ke beberapa negara di Eropa dan telah diterima dengan baik dengan menawarkan kualitas tinggi dengan harga terjangkau. Bahkan, Honor 7X juga masuk ke dalam kategori “Amazon Bestsellers List” dalam penjualannya secara online di Amazon.

Bagaimana kualitas Honor 7X sendiri, berikut ulasan Selular.ID

Highlight:
– Layar 5,93 inci Full View rasio 18:9
– RAM 4GB ROM 64GB
– Baterai 3.340mAh
– Kamera ganda 16MP + 2MP
– Harga Rp3.499.000

Desain Futuristik

Mengikuti desain smartphone kekinian, Honor 7X tampil dengan layar Full View dan bezel minimalis serta bodi tipis. Tanpa tombol fisik di bagian bawah, pengguna bisa bernavigasi ke dalam menu melalui tombol virtual di dalam layar. Sementara bagian atas layar terdapat kamera dan sensor kedekatan yang mengapit earpiece.

BACA JUGA:
Beda Rp200 Ribu, Honor 9i Resmi Melenggang di Indonesia

Beralih ke panel belakang, kamera ganda tersusun rapi bersama LED flash di sudut kanan atas. Sensor sidik jari berada di bagian tengah atas dimana jari telunjuk biasa berada. Sehingga fungsi fingerprint sangat nyaman digunakan.

Mendukung Dual SIM card, slot SIM berada di sayap kanan yang wajib menggunakan pin untuk membuka slot kartu. Slot kedua Honor 7X bersifat Hybrid, artinya bisa digunakan untuk SIM card kedua, atau kartu MicroSD. Di sayap seberang, terdapat tombol volume dan tombol power.

Mikrofon, corong speaker, audio jack 3,5mm, dan port Micro-USB semua berkumpul di bagian bawah bodi. Di bagian atas tampak polos tapi ada satu lubang kecil mikrofon. Ya, mikrofon ada dua pada Honor 7X.

Dimensi keseluruhan Honor 7X adalah 156.5×75.3x 7.6 mm dengan bobot berkisar 165g (termasuk baterai). Dengan ukuran itu, Honor 7X cukup nyaman digenggam berlama-lama, meski oleh tangan kaum Hawa.

Finishing metallic chassis dan tepi membulat, menjadikan Honor 7X tampil anggun untuk para pecinta desain modern. Kaca 2.5D telah diintegrasikan kedalam aluminium chassis, memberikan dinamisme dalam desain. Dengan bodi berukuran 6 inci, smartphone pas dan nyaman untuk telapak tangan.

Layar Full HD+

Honor 7X mengusung layar Full HD+ (2160x1080p) dengan bentang 5,93 inci. Perangkat memiliki layar dengan rasio 18:9 yang mendekati 21:9 yang biasa digunakan pada layar bioskop. Rasio itu memberi kenyamanan ditambah dengan tampilan FullView yang menawarkan gambar tajam namun tetap ramping. Hal itu menjadikan Honor 7X smartphone ideal untuk menonton film, bermain game, atau multi-tasking untuk aplikasi lainnya.

BACA JUGA:
Honor 8X Resmi di India Rp3,1 Juta

Fitur bermanfaat dari layar Honor 7X adalah sudah memiliki mode Eye Comfort yang secara otomatis menyaring cahaya biru, mengatur kecerahan dan suhu warna berdasarkn cahaya di sekitarnya, sehingga tidak hanya dapat meningkatkan kualitas tampilan, namun juga melindungi dan memberikan kenyamanan bagi mata.

Kamera Ganda

Fotografi sudah menjadi bagian dari masyarakat, terutama penggunaannya yang praktis melalui smartphone. Dengan performa yang tinggi, tentunya kamera Honor 7X memberikan kualitas yang tidak kalah tinggi dengan ponsel lainnya.

Memiliki dua lensa 16MP+2MP kamera belakang, Honor 7X memberikan hasil foto dengan kualitas definisi yang tinggi dan aperture yang besar yang di mana akan memberikan anda gambar yang setara dengan DSLR-level dari efek lapangan.

Tidak hanya memiliki dua lensa, kamera Honor 7X juga memiliki Phase Detection Auto Fokus (PDAF) dan algoritma terbaru, memungkinkan anda untuk mendapatkan fokus yang sangat cepat dalam mengabadikan setiap detail. Dengan kualitas kamera yang tinggi tersebut, tentunya akan menjawab kebutuhan anda bagi yang mencintai fotografi dan menjadikan foto anda layaknya fotografer profesional.

Performa

Dengan menawarkan kualitas yang mumpuni, Honor 7X menggunakan prosesor Octa-core Kirin 659 pada 2.36GHz dan dilengkapi dengan 4GB RAM dan EMUI 5.1. Tentunya sudah dapat dipastikan anda mendapatkan performa yang luar biasa ketika melakukan multi tasking, bermain game, atau memenuhi kebutuhan aplikasi-aplikasi lainnya.

Selain itu, Honor 7X dilengkapi juga dengan fitur smart optimization dan file management yang mencegah degradasi kinerja Android yang seringkali melebihi batas waktu. Sehingga anda akan mendapatkan kinerja yang tanpa kompromi hingga akhir.

Tentunya dalam hal perpindahan data, Honor 7X menawarkan migrasi yang cepat dari ponsel lama anda hanya dengan satu scan QR code untuk semua foto, musik, dan data-data penting, sebuah pengalaman migrasi data yang sangat efisien dan diinginkan oleh semua orang.

BACA JUGA:
Bukan Honor Play, di Indonesia Honor Bakal Rilis Gaming Smartphone

Benchmark

Bicara mengenai kinerja, Honor 7X didukung chipset Octa-core Kirin 659 (4×2.36 GHz+4×1.7 GHz) dan dilengkapi dengan 4GB RAM dan Android 7.0 Nougat berlapis EMUI 5.1.

Pengalaman Selular dengan Honor 7X, performanya bagus tanpa lag. Kami tidak menghadapi masalah pemanasan apa pun. Smartphone memiliki RAM 4GB dan storage 64GB. GPU Mali T830-MP2 yang disematkan juga cukup baik untuk bermain game.

Kami menggunakan dua aplikasi untuk menghitung benchmark. Skor Honor 7X di aplikasi Antutu Benchmark v7.07 adalah 71607. Sementara skor perangkat di aplikasi Geekbench Benchmark 4.2.0 adalah 906 (single core) 3392 (multi core).

Dengan angka itu, Honor 7X sangat baik untuk diajak bermain game berat sekalipun.

Fitur Honor 7X

Kabar gembira bagi para gamer, layar Honor FullView memberikan pandangan yang lebih luas, memungkinkan para gamer untuk memandang dan bergerak lebih cepat. Selain pandangan yang luas, Honor telah bekerjasama dengan Gameloft yang sudah tidak asing lagi tentunya bagi para gamer, untuk memaksimalkan Modern Combat Versus pada Honor 7X.

Telah teruji dan terbukti pada Honor 7X FullView dengan lebih dari 200 game ternama dan 1500 aplikasi.

Untuk melakukan multi-tasking tentu bukanlah masalah bagi Honor 7X. Dengan fitur layar pisah One-key, mulai dari email dan Whatsapp, unutk Spotify dan Youtube, dapat dilakukan secara bersamaan dengan sangat cepat dan mudah.

Tidak berhenti disitu, Honor 7X juga menggunakan sidik jari untuk membuka ponsel hanya dalam 0,2 detik saja, secepat anda mengedipkan mata.

BACA JUGA:
Pelan-Pelan Honor 9i dan 7S Jadi Idola Baru

Untuk kualitas suara, Honor 7X dilengkapi dengan teknologi Cutting-edge Listen 3D sound yang menciptakan keaslian dan suara surround yang lebih hidup melalui headphone anda, sehingga anda mendapatkan pengalaman audio sinematik yang memuaskan ke manapun anda pergi.

Sudah mendukung jaringan 4G LTE semua operator nasional, Honor 7X bisa digunakan menggunakan kartu apa pun. Konektivitas lain yang dimiliki adalah Wi-Fi 802.11b/g/n 2.4 GHz, serta Bluetooth BT4.1 mendukung Bluetooth Low Energy (BLE).

Baterai 3.340mAh

Dengan performa yang tinggi, tentunya harus diimbangi dengan daya tahan baterai yang kuat. Honor 7X hadir dengan baterai 3.340 mAh, sehingga memungkinkan ponsel ini dapat digunakan lebih dari satu hari penuh. Dilengkapi juga dengan teknologi powersaving yang didukung oleh chipset 16nm Kirin 659 dan Ultra Power Saving Mode, yang memungkinkan and adapt menikmati hingga 12 jam menonton video, mendengarkan musik selama 91 jam, atau melakukan 38 jam panggilan GSM.

Kesimpulan

Honor 7X menjadi salah satu smartphone favorit dengan kualitas dan performa yang tinggi namun memiliki harga yang terjangkau. Memiliki desain yang tangguh dan futuristik, merupakan pililhan terbaik dalam smartphone kelas menengah.

Hal positif lainnya yang dapat menjadi unggulan ialah dari segi layar FullView yang memungkinkan pengguna memiliki pandangan yang luas dan performa yang tinggi dalam menonton film, melakukan multi-tasking pada aplikasi yang dijalankan, serta bermain game. Serta didukung dengan spesifikasi yang tinggi yang sudah bekerjasama dengan Gameloft, memungkinkan anda bermain game secara maksimal tanpa ada hambatan.

Tersedia dalam pilihan warna Biru dan Hitam, Honor 7X sudah dijual mulai hari ini (16/5/2018) baik online maupun offline dengan harga yang dianjurkan Rp3.499.000.