Jakarta,Selular.ID – Diluncurkan dalam bahasa Inggris pada tahun 2010, platform tanya jawab Quora kabarnya kini telah mencapai lebih dari 200 juta pengunjung yang berasal dari luar Amerika Serikat, termasuk dari Indonesia.

Melihat pegguna yang banyak tersebar di Indonesia, Platform Tanya Jawab Quora meluncurkan Versi Bahasa Indonesia dan menjadi versi pertama Quora di Asia Tenggara.

Adam D’Angelo, CEO dan pendiri Quora menjelaskan, kehadiran Quora dalam bahasa Indonesia membuat masyarakat Indonesia serta siapa pun yang dapat berbahasa Indonesia dapat memahami dunia lebih baik dengan cara bertanya, berbagi pengetahuan, serta belajar dari orang lain.

Adam menuturkan, dengan adanya Quora berbahasa Indonesia menjadi sangat menarik terutama jika kita melihat banyak pengetahuan di dunia yang tidak dapat diakses dalam jaringan internet oleh publik.

Oleh karena itu, Quora mengembangkan platform yang memungkinkan orang-orang, termasuk yang tinggal di Indonesia, untuk dapat membagikan pengetahuan yang mereka ketahui tentang beragam topik yang tidak terbatas.

“Untuk mendaftar dan turut berkontribusi dalam mengembangkan pengetahuan dalam bahasa Inggris. Kami berharap dengan kehadiran Quora dalam bahasa Indonesia akan membantu meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia atau siapa pun yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi dan pendukung aktivitas keseharian mereka untuk berbagi pengetahuan,” ujar Adam dalam keterangan resminya.

Sejak Quora diluncurkan, menurut Adam platform ini telah menarik keterlibatan tokoh dan ahli terkemuka di berbagai bidang untuk ikut menjawab beragam topik pertanyaan yang diajukan oleh pengguna dan membagikan pengetahuan tentang sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui banyak orang. Tokoh terkemuka seperti Barack Obama, Hillary Clinton, COO Facebook Sheryl Sandberg, dan pendiri Wikipedia Jimmy Wales adalah beberapa di antaranya.

Di Quora, orang dapat menanyakan tentang topik apa saja. Quora kemudian mendistribusikan pertanyaan tersebut kepada orang yang dapat memberikan jawaban yang berguna dan berkualitas tinggi, berdasarkan keahlian dan pengalaman yang relevan. Makin sering seseorang menggunakan Quora dengan menulis jawaban, mengikuti topik, dan menjadi pengikut pengguna lain, makin besar kemampuan Quora memersonalisasi pengalaman mereka di platform ini.

“Quora mampu menyediakan jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan karena kualitas penulis di platform ini, masukan yang didapatkan penulis dari orang lain dalam komunitas, dan fitur produk yang memastikan kredibilitas,”kata Adam lagi.

Adam menambahkan, ada kebijakan untuk menggunakan nama asli di Quora untuk meningkatkan level integritas dan kepercayaan terhadap jawaban. Identitas di Quora merupakan perpanjangan dari siapa orang-orang tersebut di dunia nyata.