Friday, May 24, 2019
Home Smartphone LG: AI Bukan Sekadar Deteksi Wajah

LG: AI Bukan Sekadar Deteksi Wajah

-

Jakarta, Selular.ID – LG menegaskan bahwa teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence –AI) yang ada di smartphone bukan sekadar alat pendeteksi wajah. Tanpa menyebut brand lain, sepertinya LG menyindir teknologi AI yang diusung vendor smartphone asal Tiongkok seperti Oppo, Vivo, dan Xiaomi.

“Menurut kami, AI yang sesungguhnya bukanlah face detection (alat pengenal wajah). Kalau hanya bisa memperbaiki wajah itu namanya Photoshop (aplikasi), bukan AI,” ucap Heegyun Jang, Head of LG Mobile Communications Indonesia, saat ditemui Selular.ID usai peluncuran LG G7+ ThinQ di Jakarta (22/5/2018).

Seperti diketahui, sejak akhir tahun lalu, vendor smartphone mulai menyematkan teknologi AI di perangkat besutannya.

Menurut salah satu pionir AI di kamera depan, Oppo, dengan AI, kamera smartphone bisa mempelajari karakter dan kebiasaan penggunanya terutama saat selfie sehingga hasil selfie akan tampak lebih baik dan natural beauty.

“AI yang sesungguhnya adalah (teknologi yang bisa) memahami situasi. Mesin AI harus mengetahui situasi apa yang sedang dihadapinya,” ucapnya.

Heegyun Jang memberi contoh AI paling mudah adalah Google Car. Tidak ada orang di dalamnya. Tapi mesin mengerti dimana mesin berada, arah yang dituju, dan rintangan yang dihadapi.

“Begitu juga dengan smartphone. Contohnya saat saya ingin mengambil foto sunset. Karena cahaya matahari sangat terang, orang awam seperti saya tidak tahu bagaimana harus mengambilnya. Tapi mesin bisa memahami kalau itu sunset. Kemudian mesin akan mengganti pengaturan kamera dan menyarankan untuk meng-klik tombol AI dan mesin akan menyajikan foto yang terbaik,” paparnya.

Heegyun Jang mengklaim LG G7+ ThinQ adalah smartphone pertama yang mengerti situasi apa itu.

“LG G7+ ThinQ adalah smartphone pertama dengan AI sesungguhnya. Menurut kami, AI bukan sekadar Face Detection. Itu hal yang berbeda. Mesin harus memahami situasi. Mesin harus tahu apakah gambar yang diambil itu adalah pantai, langit, orang, hewan peliharaan, salju, atau air. Di tiap situasi, mesin akan mengubah pengaturan kamera, dan menyarankan hasil terbaik,” ungkapnya.

Menariknya, Heegyun Jang memastikan mesin bisa bekerja tanpa adanya arus data atau jaringan operator. AI di LG G7+ ThinQ bisa membaca situasi meski offline.

Baca juga: Ini Smartphone Pertama LG yang Dirakit di Pabrik Sendiri di Indonesia

“Saat ini, secara kontinu, di R&D center, kami mengembangkan AI untuk mengenali lebih banyak situasi,” pungkas Heegyun Jang.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest