spot_img
BerandaNewsE-CommerceIni Pemenang Shopee Campus Competition 2018

Ini Pemenang Shopee Campus Competition 2018

-

Jakarta, Selular.ID – Kompetisi bisnis tahunan yang menargetkan generasi muda di seluruh Indonesia, Shopee Campus Competition (SCC), hari ini mengumumkan pemenang di tahun ketiganya, yaitu tim Nastar Keju yang berasal dari Universitas Indonesia. Pemenang dari kompetisi ini mendapatkan hadiah total senilai Rp60 juta dan kesempatan untuk mengikuti program magang selama tiga bulan di Shopee Indonesia.

Chris Feng, CEO Shopee mengatakan Shopee Campus Competition merupakan bagian dari komitmen investasi Shopee sebesar Rp100 miliar untuk mendukung pemuda Indonesia dalam bidang pendidikan dan kewirausahaan. Tahun ini, Shopee Campus Competition mendapatkan antusiasme yang luar biasa – dengan partisipan yang berasal dari 85 universitas dari seluruh Indonesia.

“Tahun ini, mereka ditantang untuk menjadi konsultan bisnis bagi para pelaku UKM dan membantu mengembangkan bisnis mereka dari offline ke online. Pemenang terpilih berhasil memperlihatkan kecerdasan bisnis yang luar biasa serta bakat untuk berwirausaha. Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat mendorong pelajar untuk menjadi calon pengusaha muda dan memainkan peran dalam membantu kemajuan industri e-commerce di Indonesia,” ucap Chris Feng.

Dimulai pada bulan Maret lalu, Shopee Campus Competition 2018 dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), dan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM), di mana 10 tim terpilih yang maju ke babak Grand Final dapat membantu UKM binaan dari kedua kementerian secara langsung. Sepuluh tim terpilih ini masing-masing diberikan uang senilai Rp5 juta untuk mengimplementasikan strategi bisnis yang telah mereka susun secara langsung – dengan tujuan untuk membantu UKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka secara online.

Septriana Tangkary, selaku Direktur Pemberdayaan Industri Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika yang juga turut menjadi juri di acara final Shopee Campus Competition 2018 mengatakan, “Kompetisi ini memberikan pengalaman bagi para mahasiswa untuk terjun langsung dalam mengimplementasikan strategi bisnis para UKM binaan kami yang mayoritas belum terpapar dengan bisnis online. Kami berharap ilmu dan strategi yang didapatkan melalui Shopee Campus Competition ini dapat terbukti dengan memberikan manfaat bagi pertumbuhan bisnis UKM Indonesia ke depannya.”

Baca juga :  Kombinasikan Online dan Offline, JD.ID Buka Toko Elektronik ke-5

Dalam kompetisi yang berlangsung selama 3 bulan ini, setiap partisipan telah melewati beberapa tahapan seleksi dan Boot Camp yang berujung pada presentasi final yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Mei 2018. Tim yang termasuk dalam 10 besar telah mendapatkan pendampingan (mentorship) oleh tim pengembangan bisnis Shopee. Selain mendapatkan pembelajaran mengenai strategi e-commerce, para finalis juga mendapatkan pelatihan keterampilan dalam berkomunikasi yang akan membantu mereka dalam menerapkan strategi bisnis untuk para UKM yang ditunjuk. Dari 10 besar, 3 tim yang berhasil memenuhi kualifikasi untuk masuk ke tahap gran final berasal dari 3 kota yang berbeda di Indonesia yakni Semarang, Jakarta, dan Bandung.

Baca juga :  Kombinasikan Online dan Offline, JD.ID Buka Toko Elektronik ke-5

Nabila Alya Zahra sebagai pemenang Shopee Campus Competition 2018 mengungkapkan bahwa dirinya banyak mendapatkan banyak paparan ilmu setelah melalui rangkaian kompetisi ini.

“Kami sangat senang dapat terpilih menjadi pemenang Shopee Campus Competition tahun ini. Dengan bantuan Shopee, kami berhasil mendapatkan masukan untuk menganalisis kasus bisnis, memahami kebutuhan pasar dan memberikan solusi yang tepat bagi penjual agar mereka dapat dengan sukses membangun bisnis mereka secara online. Kami bangga dapat turut serta membantu Tjhin Santy selaku UKM yang menjual produk tas dan dompet kulit bemotif kain tenun mengalami peningkatan penjualan sebesar 250%.”

spot_img

Artikel Terbaru