Monday, October 14, 2019
Home Tips Ini Manfaat AI Pada Koleksi Foto Smartphone

Ini Manfaat AI Pada Koleksi Foto Smartphone

-

Jakarta, Selular.ID – Seiring kualitas kamera smartphone yang terus membaik dan luasnya ruang penyimpanan di perangkat keluaran terbaru, membuat fotografi mobile kian diminati konsumen selular. Dua hal itu menjadikan smartphone layaknya platform galeri foto digital.

Apalagi jika smartphone Anda memiliki kamera yang menawan, maka wajar bila jumlah foto di folder Galeri Anda mencapai ribuan. Kalau sudah begitu, mencari foto tertentu menjadi “Pekerjaan Rumah” tersendiri.

Tapi tidak begitu dengan pemilik smartphone OPPO F7. Berkat teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), smartphone OPPO terbaru bisa menyusun foto berdasarkan kriteria tertentu. Dengan begitu, akan memudahkan pencarian image tertentu oleh pengguna.

“Teknologi AI di OPPO F7 bisa dimanfaatkan untuk merapikan album foto. Meskipun ada 10.000 foto di smartphone, pengguna bisa menemukan foto yang diinginkan dengan cepat,” ucap Suwanto, Marketing Planning Manager OPPO Indonesia, pada acara peluncuran OPPO F7 di Jakarta (17/4/2018).

Suwanto menuturkan, sebelum ada teknologi AI, mungkin pengguna mencari foto berdasarkan kronologi waktu, sehingga mencari satu foto dari 10.000 foto yang ada, pasti sulit.

Bukan hanya pada kemera, teknologi AI di OPPO F7 juga diterapkan pada koleksi album foto. Pada OPPO F7, folder galeri akan menampilkan seluruh image yang dibedakan dalam empat kategori koleksi foto: Moment, Lokasi, Wajah, dan Tema.

Dengan pengkategorian itu, pengguna bisa langsung menampilkan seluruh image ketika mencari foto saat liburan ke Bali, atau koleksi foto moment-moment tahun baru, Lebaran, atau launching event. Serta, pengguna bisa menampilkan foto-foto berdasarkan wajah.

1. Kategori People
Dengan teknologi AI di OPPO F7, smartphone bisa mengenali wajah di tiap foto. Di galeri foto, cukup klik pada satu wajah, maka semua foto yang ada wajah itu akan muncul.

Kategori wajah akan sangat berguna bagi seseorang misalnya baru saja putus sama pacar. Cukup klik wajahnya, maka semua foto dia akan muncul, lalu bisa pilih semua, klik hapus, dan move on.

Jadi pengguna tidak perlu membuat folder atau memberi tag. Semakin banyak koleksi foto, maka semakin banyak sub kategori yang muncul. Misalnya koleksi foto pemandangan, makanan, hewan peliharaan, mobil, bangunan, dan lain sebagainya.

2. Buat Video Otomatis
Guna menjahit foto menjadi sebuah video, biasanya pengguna smartphone perlu menginstal aplikasi edit video. Namun tidak perlu kalau Anda menggunakan OPPO F7. Karena bukan sekadar mengenali foto, teknologi AI di OPPO F7 kian diperluas, salah satunya untuk membuat video otomatis.

Dengan fitur bernama Memories, OPPO F7 akan memilih foto secara otomatis berdasarkan tema, kemudian menjahitnya menjadi satu video. Setelah dijahit, pengguna bisa menambahkan backsound, title, dan efek transisi secara otomatis.

3. Hapus Foto Tidak Perlu
Saking banyaknya foto yang tersimpan terkadang membuat pengguna semakin malas “merapikannya”. Nah, pengguna OPPO F7 semakin dimudahkan dalam mengelola foto yang ada. Lagi-lagi karena AI, smartphone bisa merapikan album foto dengan cara menghapus foto-foto yang tidak perlu.

Contohnya foto-foto yang sama (double), atau foto yang blur. Interface OPPO F7 akan menampilkan satu foto yang bagus dan menyandingkannya dengan foto-foto yang blur atau foto-foto yang sama, dan menyarankan pengguna untuk menghapus foto-foto yang sebenarnya tidak perlu disimpan di dalam smartphone.

Tiga fitur AI dalam merapikan album foto di atas, tentu sangat bermanfaat bagi pemilik ribuan foto di smartphone. Jika Anda kebetulan berminat membeli OPPO F7, berikut cuplikan spesifikasinya. OPPO F7 menampilkan layar 6,23 inci resolusi Full HD+ rasio 19:9 yang ditunjang chipset 64 bit 8 core Mediatek Helio P60 2.0Ghz dipadu prosesor dual core AI.

Fitur utama Oppo F7 adalah kamera depan 25MP dengan teknologi AI yang bisa menghasilkan foto bokeh, yang dikombinasikan kamera belakang 16MP. Oppo F7 sudah mengadopsi OS Android 8.0 Oreo dengan Color OS 5.0, konektivitas 4G di dua slot SIM card, dan baterai kapasitas 3400mAh.

Tersedia dalam varian warna merah, silver, dan hitam, OPPO F7 ditawarkan dengan harga mulai Rp4.199.000.

Latest