Jakarta,Selular.ID – Chip NFC iPhone akan segera memiliki kemampuan membuka pintu rumah. Bukan hanya itu, bahkan chip tersebut juga dapat membuka pintu mobil dan membayar ongkos bepergian.

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini dilaporkan bersiap untuk memperkenalkan pembaruan besar untuk chip komunikasi near-field perangkatnya. Sebelumnya, chip tersebut sebgaian besar hanya dipergunakan untuk melakukan pembayaran menggunakan Apple Pay saja.

Seperti dilansir Selular.ID dari Engadget, Minggu (27/05), pegawai perusahaan tersebut sudah memiliki akses ke fitur-fitur baru, dan tampaknya mereka telah menggunakan iPhone-nya untuk mengakses kantor dan gedung markas besar Apple di Cupertino.

BACA JUGA:
Apple Turunkan Target Penjualan di Q1 2019

Sebenarnya, iPhone sudah bisa digunakan untuk membuka banyak kunci pintar melalui Bluetooth. Hanya saja, NFC diklaim sebagai opsi yang lebih aman daripada Bluetooth.

Menurut beberapa sumber lainnya, Apple telah bekerja sama dengan HID Global, perusahaan yang membuat sistem keamanannya, untuk memberi iPhone kemampuan mendapatkan akses ke gedung sejak 2014.

Apple juga dilaporkan telah berbicara dengan pembuat kartu transit Cubic selama bertahun-tahun. Seperti yang Anda ketahui, Anda bisa menggunakan Apple Mobile Payment Solution untuk membayar ongkos di tempat-tempat seperti jepang, London dan beberapa kota lainnya di AS. Tetapi, bekerja dengan Cubic akan memberikan iPhone kekuatan untuk bertindak sebagai kartu transit untuk  puluhan juta orang di seluruh dunia.

BACA JUGA:
Tidak Hanya Mengubah Desain, iPhone 2019 Dibekali WiFi 6

Baca: Wow iPhone SE 2 Bakal Hadir dengan Bezel-less dan Face ID

Selain itu, Apple dijadwalkan akan mengumumkan kemampuan baru dari chip NFC selama acara Worldwide Developers Conference, yang akan diadakan pada tanggal 4 Juni 2018. Setelah fitur baru ini tersedia, iPhone lama yang dibuat tahun 2014 atau lebih baru dapat menggunakan fitur baru tersebut dengan mengunduh pembaruan perangkat lunak.