FinTech

Tiga Fintech Ini Beri Pinjaman Untuk Biaya Pendidikan  

Jakarta,Selular.ID – Jumlah masyarakat yang berhasil meraih pendidikan tinggi di Indonesia masih dianggap sangat rendah. Hal ini disebabkan perbedaan yang signifikan antara penghasilan rata-rata dengan biaya pendidikan yang relatif tinggi.

Berkaca dari situ, perusahaan Finacial Technologi (Fintech) seperti Dana Cita, Dana Didik dan Koin Work, aktif memberikan solusi pembiayaan pendidikan.

Fasilitas pembiayaan di bidang pendidikan yang ditawarkan perusahaan Fintech dipandang sebagai cara yang efektif dalam mengatasi masalah. Pasalnya mereka dapat bergerak lebih cepat dalam menyediakan solusi bagi pelajar dan mahasiswa.

Susli lie, Co Founder Dana Cita, menjelaskan, bahwa Dana Cita memberikan kesempatan bagi siswa untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan hinngga 100%, dari biaya kuliah mereka. Dengan jangka waktu pinjaman enam tahun.

Baca juga :  CBG Masuk Daftar 100 Teratas IDC Fintech

“Dengan jangka waktu yang sudah ditentukan, pembayarannya pun cukup ringan mulai ratusan ribu hingga Rp2 jutaan,”kata Susli, di Jakarta (3/04/18).

Susli menyebutkan, dengan dukungan teknologi yang terukur dan program yang tepat, Fintech di tanah air menjawab tantangan pemerintah, yang mampu menawarkan program yang sesuai dengan kebutuhan pelajar dan mahasiswa untuk membantu masyarakat mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara Dipo Satria Ramli, Co Founder Dana Didik menuturkan, bahwa plaftormnya dalam pembiayaan di bidang pendidikan mengunakan sisitem crowdfunding. Saat ini Dana Didik memiliki tiga produk pembiayaan yaitu di bidang kesehatan, teknologi dan pinjaman pendidikan umum.

“Dana Didik memberikan pinjaman hingga empat tahun, dengan model pembagian pendapatan ketika mereka bekerja, namun jika peminjam belum bekerja mereka hanya membayar uang pokok setiap bulannya,” tutur Dipo.

Baca juga :  Accenture Dukung 11 Startup Berlaga di FinTech Innovation Lab Asia-Pacific 2021

Sementara Koin Work, yang merupakan anggota terdaftar dari Asosiasi Fintech Indonesia memiliki produk khusus untuk biaya pendidikan yaitu Koin Pintar.

Dikatakan Benedicto Haryono, Co Founder Koinwork, bahwa Koin Work telah bekerjasama dengan beberapa universitas di Jabodetabek dan beberapa kursus dari berbagai macam industri untuk memberikan solusi pembayaran kuliah.

Baca juga: Koinworks Fasilitasi Angota JNE Loyalty Card dengan Pinjaman Bunga Khusus

“Kami memberikan cicilan pembayaran sampai enam tahun dengan bunga 9% per tahun,” pungkas Benedicto.

About the author

Yuni Riadi

Leave a Comment