Monday, June 24, 2019
Home Devices LG Mulai IoT di Rumah Melalui AC Pintar

LG Mulai IoT di Rumah Melalui AC Pintar

-

Jakarta, Selular.ID – Teknologi internet of things (IoT) mulai menjangkau perabot rumah tangga. Mulai dari mesin cuci, kulkas, dan kini AC. Seperti yang baru saja dikeluarkan LG Electronic melalui lineup terbaru produk AC untuk 2018.

“Dari 11 model yang edar di Indonesia tahun ini, lima di antaranya sudah kami suntikkan SmartThinQ,” ucap Daehyun Kim, Product Marketing Manager Air Conditioner LG Electronics Indonesia, pada peluncuran LG Cool Dual Inverter Series, di Jakarta (5/4/2018).

Dengan SmartThinQ, pengguna bisa mengendalikan peralatan rumah tangga mereka, seperti AC, melalui aplikasi di smartphone mereka, baik yang berbasis Android maupun iOS.

“Asalkan ada koneksi Wifi di rumah, pengguna bisa mengendalikan AC di rumah dari mana saja. Misalnya saat pulang kerja, dia bisa menyalakan AC sebelum tiba di rumah sehingga ketika sampai, ruangan sudah sejuk,” ungkapnya.

Seperti yang dikatakan Daehyun Kim, berbasis keterhubungan perangkat dengan wifi, teknologi SmartThinQ memungkinkan pengguna melakukan berbagai perintah kendali jarak jauh untuk tiap unit air conditioner LG Dual Cool Series pada tiap ruang dalam rumah.

“Termasuk dalam kendali ini, mulai dari mengaktifkan maupun mematikan, kecepatan putar kipas, memastikan pengaturan suhu tiap ruang sesuai kebutuhan,” paparnya.

Fitur SmartThinQ sendiri sudah ada sejak dua tahun lalu di LG Indonesia, namun penggunaannya berbeda di masing-masing produk. Dan sekarang SmratThinQ terus dikembangkan.

Tak perlu banyak perangkat tambahan untuk memanfaatkan teknologi SmartThinQ. Pengguna cukup menyiapkan wifi router sebagai pusat keterhubungan. Kemudian mengunduh aplikasi SmartThinQ pada smartphone, di Play Store maupun App Store.

Melalui aplikasi SmartThinQ ini pengguna dapat memilih pembatasan keterhubungan perangkat. Hal ini memungkinkan kendali jarak jauh dilakukan dari beberapa smartphone anggota keluarga, maupun pembatasan perangkat AC yang dapat dikendalikan dari sebuah smartphone tertentu.

Selain SmartThinQ, LG Cool Dual ini dikatakan lebih hemat karena perusahaan menerapkan kompresor khusus bertajuk LG Dual Inverter Compressor. Kata Dual merujuk pada terapan dua putaran roda dalam satu tuas kompresor AC inverter. Uniknya kerja kompresor Dual Inverter ini memberi jangkauan frekuensi operasi yang lebih luas bila dibandingkan dengan AC konvensional.

Bila jangkauan frekuensi AC konvensional terbentang dari 20Hz hingga 100Hz, kompresor Dual Inverter membuat AC Dual Cool Series memiliki jangkauan operasi 10Hz hingga 120Hz. Nilai bawah lebih rendah pada jangkauan frekuensi inilah yang membuatnya mampu beroperasi lebih hemat listrik. Sementara kemampuannya menjangkau frekuensi hingga 120Hz memberikannya kemampuan dalam kecepatan pendinginan.

Bersanding dengan inovasi itu, LG pun menaruh perhatian besar pada sisi ketahanan pakai AC terbarunya ini. Salah satunya pada penggunaan material tembaga pada bagian kondensornya. Tak hanya melapisi, tembaga ini menjadi material pembuat kondensornya.

Melengkapi perhatiannya pada sisi ketahanan pakai, LG memberikan garansi hingga 10 tahun khusus bagi kompresor Dual Inverter yang menjadi penggerak AC ini. Sementara untuk bagian PCB sebagai tempat rangkaian pusat pengatur aliran listrik, AC LG Dual Cool Series ini memiliki garansi hingga dua tahun.

Berbagai inovasi dengan tambahan kepintaran yang terbalut apik dalam jaminan perusahaan pada ketahanan penggunaannya, membuat LG optimis AC terbarunya ini bakal mudah mendapat perhatian masyarakat. Ditambah lagi, ketersediaannya yang terbentang hingga varian kapasitas paling rendah yaitu ½ PK.

Fitur SmartThinQ hadir pada model Deluxe dari 1 & 2 PK dan model Smart untuk kapasitas 1.5 & 2 PK. “Sudah edar di pasar Indonesia, harganya mulai dari Rp3,3 juta,” pungkas Daehyun Kim.

Latest