Chrome Terbaru Versi 66 Cegah Putar Video Otomatis

Jakarta,Selular.ID Google telah merilis versi terbaru dari peramban Chrome ke versi 66.

Dilansir Forbes dalam pembaruan ini Google menyertakan fitur yang cukup bagus untuk pengguna yakni untuk memblokir video otomatis untuk terputar di sebuah situs. Fitur ini akan tersedia langsung tanpa pengguna harus melakukan pengaturan apapun.

Pada Chrome 66, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum sebuah video bisa otomatis dimulai pada sebuah situs.

Salah satunya adalah video itu harus dalam keadaan mute atau tidak memiliki audio. Selain itu, pengguna harus sudah melakukan tap atau mengklik situs ketika dia menjelajah internet.

Situs itu juga harus sudah ditambahkan ke Home Screen oleh pengguna pada mobile atau pengguna terbukti sering memutar video pada situs tersebut saat membukanya melalui desktop.

“Autoplay kini hanya diizinkan jika video tidak mengeluarkan suara, atau setelah pengguna mengklik atau melakukan tap pada situs atau (pada desktop) jika pengguna menunjukkan ketertarikan untuk menonton video pada sebuah situs,” kata Google.

Chrome 66 juga akan menampilkan peringatan jika peramban berhenti bekerja atau crash akibat software dari pihak ketiga memasukkan kode yang tidak dipercaya oleh Symantec.

Fitur ini juga akan tetap menjalankan video bersuara di situs-situs yang terdeteksi sering kali menggunakan video, seperti Youtube.

Selain itu, perusahaan mesin pencari tersebut juga akan tetap menjalankan video secara otomatis di setiap situs yang sering kali dikunjungi oleh para pengguna peramban mereka.

Chrome juga akan tetap mengaktifkan pemutaran video otomatis untuk situs-situs yang disimpan di laman homescreen di versi mobile peramban tersebut.

Bagi yang ingin menginginkan fitur ini ada di peramban, pihak Google telah meluncurkan pembaruan ini dimulai awal minggu ini. Untuk melakukan pembaruan di perangkat smartphone,.pengguna hanya harus pergi ke Play Store dan memperbarui aplikasi Chrome.

Sedangkan  yang menggunakan perangkat desktop, cukup cek apakah pembaruan ini sudah diunduh secara otomatis atau tidak.

Baca juga: Chrome Berikan Tanda Pada Http yang Tdak Aman

Cara mengeceknya adalah dengan mengklik ikon tiga jari di bagian kanan atas peramban. Jika Anda tidak menemukan pilihan ‘Perbarui Peramban’, maka peramban chrome sudah ada di versi terbaru.