spot_img
BerandaNewsAplikasi MR Bakal Bernilai Rp117 Triliun Pada 2020

Aplikasi MR Bakal Bernilai Rp117 Triliun Pada 2020

-

Jakarta, Selular.ID – Komitmen raksasa teknologi termasuk Apple, Google dan Facebook untuk mengembangkan teknologi mixed reality (MR) atau realtitas campuran, membuat aplikasi tersebut bakal bernilai sedikitnya USD9 milyar (sekitar Rp117 Trilun) pada 2020.

Pencapaian itu berarti melompat dari sekitar 3 miliar dibandingkan 2018. Demikian prediksi lembaga riset terkemuka, Juniper Research, yang dipublikasikan baru-baru ini.

Dalam laporannya, perusahaan menggambarkan aplikasi MR yang mencakup augmented reality (AR) dan virtual reality (VR), sebagai aplikasi yang “tampilan overlay objek digital yang berdampingan dengan dunia fisik, di samping kemampuan untuk berinteraksi secara real time”.

Tingkat pertumbuhan sebanyak 212% selama empat tahun di aplikasi tersebut akan datang dalam peningkatan pengembangan konten. Begitupun dengan pasar game MR yang diperkirakan mencapai sekitar USD 2,3 milyar dalam rentang waktu yang sama, kata laporan itu.

Terlebih lagi, jumlah aplikasi media sosial yang menawarkan layanan MR akan melebihi 6 miliar pada 2022 karena penyedia platform akan mencari aliran pendapatan baru.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa peluncuran platform baru-baru ini dari pemain teknologi besar, dikombinasikan dengan akses pengembang ke Google Maps, akan mempercepat pengembangan game smartphone berbasis lokasi baru.

Peneliti Juniper Research Sam Barker mengatakan, bahwa pencipta konten MR akan berkonsentrasi untuk meniru kesuksesan Pokemon Go Niantic.

“Dengan rilis kerangka kerja terbaru ini, pengembang aplikasi sekarang memiliki alat yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi selular MR berskala besar berikutnya”, ujar Sam.

Baca juga: Konten Pendidikan Bakal Menjadi Pendorong Permintaan Perangkat VR

Faktor-faktor lain yang akan meningkatkan MR, tambah Sam, termasuk tingkat data yang tinggi dan latensi ultra-rendah dari jaringan 5G yang diprediksi akan meluncur secara komersial pada 2019.

Artikel Terbaru