Beranda News Telco Sepeda Pintar UI Gratis

Sepeda Pintar UI Gratis

-

Depok, Selular.ID – Mulai hari ini, sivitas akademika Universitas Indonesia di Depok sudah bisa memanfaatkan layanan sepeda pintar Spekun (sepeda kuning). Sebagai permulaan, Spekun berjumlah 20 unit dan baru tersedia di tiga titik parkir (dock), yaitu Stasiun UI, Stasiun Pondok Cina, dan Perpustakaan UI.

Muhammad Anis, Rektor UI, menegaskan tidak ada pungutan biaya untuk peminjaman Spekun. Semua mahasiswa bisa menggunakan Spekun bermodalkan aplikasi.

Pengguna bisa mengunduh aplikasi Spekun di Play Store dan registrasi dengan memasukkan data kemahasiswaan. Sementara bagi pengunjung dan alumni juga bisa meminjam Spekun dengan mendaftar terlebih dahulu.

“Sejak awal ada, penggunaan sepeda di UI, mahasiswa tidak pernah bayar. Itu merupakan bagian dari pelayanan,” kata Hamid Chalid, Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerjasama, saat peresmian uji coba Spekun di UI Depok (14/3/2018).

Hanya saja, lanjut Hamid, pengelola perlu menjaga agar penggunaannya sebagai bike sharing betul-betul berjalan. Jangan sampai ada yang pinjam, tapi dia pegang terus sampai sore, yang lain jadi tidak bisa pakai.

“Makanya kami batasi. Sampai pada waktu tertentu dia tidak balik ke docking (parkir), kami akan terapkan metode denda,” papar Hamid.

Hamid menekankan tujuan denda bukanlah bisnis.

“Melalui studi banding di negara lain yang sudah ada bike sharing, jika dia beralih jadi fungsi bisnis, akan kacau, karena penyedia pihak swasta melihatnya sebagai kepentingan bisnis,” ujar Hamid.

Kami lebih mendorong penyediaan bike sharing dilakukan oleh institusi-institusi seperti pemerintah atau di kampus-kampus oleh kampus itu sendiri. Bukan sebagai bisnis pelayanan.

“Platformnya, di belakang itu, bisnis yang besar sekali. Tetapi pelayanan sepedanya itu sendiri bukan bisnis. Bukan di situ cari duitnya,” ungkap Hamid.

Baca juga: UI Implementasikan Sepeda Pintar

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Telkomsel, sebagai penyedia sistem dan platform Spekun, menyatakan terbuka dengan segala kemungkinan.

“Saat ini masih pakai biaya CSR. Tapi nanti tidak menutup kemungkinan akan ada biaya sewa untuk sepeda. Tapi sekarang ini masih CSR,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel (14/3/2018).

Buyer's Guide

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Smartphone Refresh Rate 90Hz Harga Rp2 Jutaan

Jakarta, Selular.ID - Bagi penggemar game mobile, teknologi refresh rate sangat diperlukan supaya bisa...

Xiaomi Redmi 9 Lunar Gold Meluncur di Indonesia

Jakarta, Selular.ID - Xiaomi kembali merilis anggota baru dari jajaran Redmi 9 Series. Perangkat...

Oppo Reno4 Pro Banting Harga

Jakarta, Selular.ID - Memasuki bulan November, dua ponsel Oppo mendapat penyesuaian harga. Baru diluncurkan...

Artikel Terbaru

Kategori Terkait