Jakarta, Selular.ID – 2018 adalah tahun besar bagi produsen smartphone Vivo. Setidaknya ada dua perangkat inovatif yang dipamerkan perusahaan pada ajang tahunan CES dan MWC tahun ini.

Vivo menjadi vendor pertama yang memamerkan smartphone dengan pemindai sidik jari pertama di layar yang kemudian dijual dengan nama Vivo X20 Plus UD di China. Di MWC, perusahaan memamerkan perangkat konsep lain dengan layar penuh serta kamera depan pop-up bernama Apex.

Vivo X20 Plus UD sepertinya hanya akan dijual di pasar domestik China, sementara Apex masih berstatus konsep karena belum diproduksi massal. Maret ini, Vivo akhirnya meluncurkan smartphone baru untuk pasar global dengan layar (hampir) penuh bernama Vivo V9.

Sudah diperkenalkan di Beijing dan India pekan lalu, Vivo V9 pun resmi mendarat di Indonesia.

Highlight
– Layar 6,3 inci FHD+ FullViewTM Display rasio 19:9
– Selfie cam 24MP dengan teknologi AI
– Kamera ganda di belakang dengan Dual Rear Camera AI Bokeh
– RAM 4GB/64GB ROM
– Tidak ada fast charging
– Cover belakang dari plastik, sehingga ringan (150gr)
– Harga Rp3.999.000

Review Vivo V9

1Desain Vivo V9

Vivo V9 memiliki bahasa desain yang sangat jelas terinspirasi oleh iPhone X. Dan sepertinya, setiap smartphone Android yang rilis tahun ini kemungkinan akan memiliki desain yang sama. Vivo V9 menjadi smartphone Android pertama dengan notch (poni) untuk pasar Indonesia.

Mungkin sebagian pengguna menganggap desain layar berponi agak mengganggu ketika menatap layar, tapi sepengalaman Selular, notch tidak benar-benar menghalangi saat menonton video maupun bermain game.

Apalagi, Vivo sudah mengoptimalkan perangkat lunak Vivo V9 sehingga bar status di bagian atas layar sudah mengakomodasi poni dengan pembagian waktu di sebelah kanan dan baterai di sudut kiri.

Tombol power dan volume rocker tersusun apik di sayap kanan, sementara tiga slot kartu (2 nano SIM – 1 microSD) tersedia di satu pintu masuk. Port charging jenis micro USB terpahat di bawah bersama jack audio 3,5 mm, speaker, dan mikrofon.

2Layar Vivo V9

V9 menghadirkan FullViewTM Display terbaru dengan desain stylish dan futuristik. Perbandingan layar 19:9 dan Screen-to-Body Ratio yang mencapai 90% serta ukuran 6,3 inci dengan resolusi FHD+ pun menjadi gebrakan baru untuk pengalaman visual yang jauh lebih baik dan berbeda dari sebelumnya.

BACA JUGA:
Lima Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Vivo Y81

Dengan bezel di bagian atas 1.85mm dan bezel samping hanya 1,75 mm, serta 5.99mm di sepanjang bagian bawah. Itu berarti layarnya lebih tinggi 76% di bagian atas dibandingkan dengan tampilan FullView generasi sebelumnya, V9 akan terasa seperti menggenggam smartphone berukuran 5.5 inci.

Untuk memperlihatkan keindahan bagian belakang ponsel, V9 didesain dengan lengkungan 3D pada penutup belakang yang dioptimalkan secara ergonomis sehingga terasa ringan dan nyaman dalam genggaman Anda.

3Benchmark Vivo V9

Berbeda dengan versi India yang ditopang Snapdragon 626, Vivo V9 versi Indonesia ‘hanya’ didukung chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang dipasangkan dengan RAM 4GB DDR3 4GB dengan penyimpanan built-in 64GB. Pengguna masih bisa memperluas ruang memori hingga 256GB menggunakan kartu microSD yang sejalan dengan konfigurasi dual-SIM hibrida ponsel.

Pada pengujian Selular, menggunakan AnTuTu Benchmark v7.06, Vivo V9 mendapat skor 77104. Sementara itu, dengan pengukur Geekbench Benchmark 4.2.0, skor yang didapat adalah 770 (single core) dan 3868 (multi core).

4Dual Camera Vivo V9

V9 memiliki kamera belakang ganda. Kamera belakang utama beresolusi 13 MP dan kamera belakang sekunder beresolusi 2 MP serta didukung dengan teknologi Dual Rear Camera AI Bokeh. Teknologi ini telah dioptimalkan berdasarkan data yang diolah oleh machine learning, sehingga V9 mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang setara dengan hasil jepretan dari kamera DSLR.

Pengguna bahkan bisa memotret lebih dahulu, lalu mengatur titik fokus setelahnya.

Dengan teknologi AI HDR terbaru dari Vivo, pengguna tidak perlu frustasi lagi dengan kondisi backlight. Hasil foto Anda akan tetap jernih, cerah dan detail, serta terlihat sangat alami dan natural.

Untuk memaksimalkan kegunaan, aplikasi kamera terintegrasi dengan mode ‘Ultra HD’ serta efek pencahayaan ‘Potret’ dan efek Bokeh.

5Kamera Selfie 24MP

Vivo V9 merupakan smartphone dengan kamera depan 24MP tertinggi di dunia, setidaknya saat ini. Perangkat memberikan segala aspek yang dibutuhkan untuk ber-selfie mulai dari kecerahan, ketajaman warna, kejernihan, dan rentang dinamis, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Kamera depan smartphone mampu menangkap semua momen dengan presisi.

BACA JUGA:
Vivo Y81 Menjadi Pilihan Ponsel RAM 3 GB

V9 menjadi smartphone pertama Vivo dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Dengan mempelajari jutaan foto wajah dari seluruh dunia, fitur AI Face Beauty dari Vivo mendeteksi jenis kelamin, usia, warna dan tekstur kulit, serta pencahayaan di lingkungan sekitar, kemudian mengolahnya untuk memberikan efek Face Beauty pada setiap orang. Hasilnya, foto selfie akan terlihat lebih nyata dan natural.

AI Face Beauty juga dapat mempelajari pengaturan yang telah disesuaikan dan mengaplikasikan pengaturan tersebut secara otomatis setiap kali Anda melakukan pengambilan foto. AI Face Beauty seperti professional make-up artist yang membuat Anda tampil natural di setiap foto.

AR Stickers dilengkapi dengan berbagai stiker yang dapat digunakan untuk mendekorasi selfie dan menunjukkan sisi ceria pengguna. Sesuaikan gaya menjadi manis, lucu, dan ceria, lalu tingkatkan gaya tersebut hanya dengan sekali klik.

Dengan teknologi AI Softlight, V9 dapat mengubah foto biasa (2D) menjadi model 3D yang bertujuan untuk memproses cahaya menjadi otentik dan artistik. Pilih fitur AI Selfie Lighting dan jadikan kondisi apapun menjadi studio profesional untuk menangkap objek foto tetap maksimal.

6Fitur Vivo V9

Dalam hal keamanan, Vivo V9 menampilkan Face Access 2.0 yang menggunakan pengenalan wajah untuk membuka kunci ponsel dan memiliki sensor sidik jari di bagian belakang.

Smartphone Dual SIM card ini juga dilengkapi dengan OS Android 8.1 terbaru yang dilapisi FunTouch OS 4.0, yang mampu meningkatkan daya tahan baterai, meningkatkan keamanan dan kecepatan pengoperasian, memberikan pengalaman yang lebih cepat dan aman.

Smartphone sudah dilengkapi pilihan konektivitas 4G VoLTE, Wi-Fi dual-band (2.4GHz dan 5GHz) dan Bluetooth v4.2. Untungnya, Vivo V9 mempertahankan headphone jack 3.5mm yang diletakkan bersama mikrofon dan speaker di bagian bawah.

Sayangnya, Vivo V9 tidak mendukung pengisian daya cepat. Padahal Vivo V9 didukung baterai besar 3260mAh dan memiliki port pengisian MicroUSB. Material body terbuat dari plastik sehingga perangkat berbobot cukup ringan, 150 gram.

7AI Face Access

Dengan teknologi AI Face Access terbaru, V9 akan memindai karakteristik wajah Anda pada saat diaktifkan, lalu membuka ponsel dalam waktu sangat singkat. Fitur ini juga mendeteksi pantulan cahaya pada wajah dan gerakan wajah, untuk mencegah pembukaan ponsel dengan foto atau video.

BACA JUGA:
Vivo Y93 Resmi Rp3,3 Juta

Untuk mendukung privasi dan perlindungan data, Face Access with App-Lock dapat mengunci aplikasi tertentu pada smartphone dan hanya dapat dibuka dengan pemindaian wajah.

Tidak hanya itu, kecanggihan fitur AI Attention Sensing pada V9 ini juga meningkatkan pengalaman penggunaan Anda. V9 dapat mendeteksi wajah saat Anda melihat layar dan secara intuitif memperkecil volume suara notifikasi pesan, panggilan, atau alarm, sehingga meminimalkan kebisingan.

8Game Mode

V9 mengusung Game Mode seperti Vivo V7. Pada Game Mode terbaru di V9, pengguna akan terbebas dari gangguan apapun saat bermain game, seperti notifikasi, pesan dan panggilan masuk. Gamer bisa mengaturnya untuk menampilkan panggilan telepon dari kontak tertentu saja.

Anda kemudian dapat memilih untuk menjawab, menolak, atau mengabaikan panggilan dengan menggeser ke atas saat bermain. Ini permainan anda, dan V9 dirancang untuk berbagai keinginan anda.

Fitur Game picture-in-picture dapat mengaktifkan aplikasi pesan tanpa menghentikan game, cukup dengan menggeserkan tiga jari ke bawah pada layar. Ini merupakan cara terbaik untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, tanpa kehilangan momen gaming terbaik.

Khawatir dengan tampilan layar yang terhalang keyboard ketika chatting dan bermain game pada waktu bersamaan? V9 telah menyediakan keyboard berdesain khusus dan ringkas, hanya menempati sedikit area pada layar.

9Pocket Karaoke

Bagi Anda penyuka musik dan kerap berkaraoke, Vivo V9 akan sangat memanjakan Anda. Pasalnya, smartphone memiliki fitur Pocket Karaoke. Fitur ini bisa memungkinkan Anda mendengarkan suara Anda sendiri melalui earphone, mengubah setiap lagu menjadi pertunjukan profesional. Pilih dari bermacam fitur suara untuk menambah keaslian suara.

Saat ini melalui kerja sama yang lebih khusus dengan WeSing, lebih banyak Aplikasi yang akan tersedia.

10Spesifikasi dan Harga Vivo V9

Pre-order Vivo V9 dapat melalui lima e-commerce nasional Lazada, Shopee, JD.id, Akulaku, dan Dinomarket dengan harga Rp3.999.000 dan dapatkan penawaran spesial dari masing-masing platform E-Commerce. Pre-Order sekarang di sini.

Di tanah air, Vivo V9 ditawarkan hanya ada satu varian: RAM 4GB dan penyimpanan 64 GB, dalam dua warna berbeda, yaitu: Champagne Gold dan Pearl Black.