spot_img
BerandaNewsEnterpriseMalware Baru RedDrop Serang Android, Ini Solusi Dari Kaspersky

Malware Baru RedDrop Serang Android, Ini Solusi Dari Kaspersky

-

Jakarta, Selular.ID – Baru-baru ini Kaspersky Lab melaporkan bahwa telah ditemukan sejenis malware Android baru yang bernama RedDrop.

Malware ini berhasil melakukan serangkaian aksi berbahaya, seperti merekam audio dan mengunggah data-data sensitif ke akun penyimpanan awan di Dropbox dan Google Drive.

RedDrop, dapat mengumpulkan data tentang perangkat korban, termasuk data dari kartu memori dan daftar kontak perangkat dan secara diam-diam, yang membuat perangkat membeli langganan berbayar, yang bisa mengakibatkan pemilik perangkat menghadapi risiko finansial.

Dony Koesmandarin, Business Development Manager Indonesia menjelaskan bahwa, perangkat Android memang rentan terhadap malware karena merupakan platform open source sehingga berbagai serangan malware pun bisa mengancam pengguna Android.

“Bayangkan, 300 ribu malware mengintai perangkat Anda setiap harinya dan tidak mungkin malware itu dapat diantisipasi semuanya, begitu pun perangkat iOS karena dari sekian banyak malware salah satunya pasti bisa masuk,” tutur Dony.

Dony pun menyarankan untuk berhati-hati ketika mengunduh aplikasi di play store. Pasalnya malware yang menyusup ke aplikasi sangat sulit diidentifikasi.

Sehingga, pengguna Android harus lebih wasapada. Menurut Dony, saat ingin mendownload aplikasi, pertama yang dilakukan adalah membaca keterangan aplikasi tersebut, kemudian membaca ulasan terlebih dahulu. Lalu siapa developernya.

Baca juga: Mengunakan Cloud Untuk Simpan Data Aman Atau Tidak?

Ketika disinggung apakah malware RedDrop yang berasal dari China ini sudah menyusup pengguna smartphone di Indonesia? Dony memastikan hal yang mungkin saja terjadi. Menurut dia, malware tidak mengenal batasan ruang dan waktu. Hanya tinggal menunggu kapan malware itu datang.

Baca juga :  Flex Mode dan Auto Framing Jadi Fitur Jagoan di Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3
Baca juga :  Tantangan dan Peluang Digital di Era Pandemi

Kaspersky sendiri pun mengklaim memiliki solusi. Solusi dari Kaspersky Lab berhasil mendeteksi dan memblokir RedDrop sejak bulan September 2017. Hal itu disampaikan  Victor Chebyshev, selaku Ahli Keamanan di Kaspersky Lab dalam keterangan resminya.

spot_img

Artikel Terbaru