Beranda News Ini Alasan Menkominfo Soal Selisih Data Dukcapil dan Operator

Ini Alasan Menkominfo Soal Selisih Data Dukcapil dan Operator

-

Jakarta, Selular.ID – Dalam rapat kerja Komisi I DPR RI ada hal yang disoroti terkait data palanggan. Salah satu diantaranya adalah menyoroti perbedaan data yang cukup besar terhadap data yang sudah teregistrasi di dalam database Dukcapil dan masing-masing operator.

Komisi I DPR menganggap perbedaan data yang cukup besar ini berkaitan dengan operator yang nakal.

Hal itu dikatakan Roy Suryo, Anggota Komisi I DPR. Menurut dia, di data Dukcapil, ada 304 juta pengguna yang sudah di daftarkan. Sedangkan di operator total ada 350 juta pengguna.

“Ada selisih sekitar 46 juta, ini gimana penghitungannya, ujar  Roy Suryo dalam Rapat Kerja antara Komisi I DPR Ri dengan Kominfo dan operator seluler, Senin (19/3/2018).

Roy menduga ini ada kaitannya dengan operator yang ingin kejar target pelanggan.

Mendengar hal itu, Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika meluruskan. Dikatakan Rudiantara, hal tersebut wajar. Dia menilai, ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi

“Salah satu alasannya dikarenakan masyarakat yang ragu hingga mendaftarkan diri dua kali. Ini kan di database Dukcapil tidak tercatat, sedangkan di operator tercetak dua kali, jelas Rudiantara.

Dia juga menjelaskan bahwa angka ini nantinya akan lebih rapat lagi, setelah dilakukan rekonsiliasi, yang akan dilaksanakan sekitar awal April mendatang.

“Tapi saya tegaskan, datanya tidak akan persis antata Dukcapil dan operator. Hal Ini merujuk kepada data pengguna seluler dunia, rasionya hanya 0,67,” katanya.

Baca juga: 70 Juta Lebih Nomer Belum Diregistrasi

Jadi dari 100 nomer yang terdaftar, pengguna aslinya hanya 67. Dan saya pikir ini tidak akan jauh (dari data Indonesia kedepannya),” tegasnya.

Artikel Terbaru