Saturday, July 20, 2019
Home News FinTech Transfer Uang via WhatsApp Sudah Bisa

Transfer Uang via WhatsApp Sudah Bisa

-


Jakarta, Selular.ID – India menjadi negara pertama bagi WhatsApp dalam meluncurkan layanan pembayaran digital. Negara itu menjadi pasar terbesar perusahaan setelah tahun lalu melampaui pasar Amerika Serikat dengan jumlah 200 juta pengguna aktif harian.

Sejak tahun lalu, WhatsApp telah mengerjakan pembayaran digital dan peer-to-peer, dan perusahaan pesan milik Facebook tampaknya baru saja meluncurkan layanan ini dalam versi beta di India, salah satu pasar terpentingnya.

Laporan TechCrunch memperhatikan fitur itu muncul di kedua versi WhatsApp iOS dan Android, setelah banyak pengguna merayakannya di media sosial Twitter.

Pada April 2017, WhatsApp mengkonfirmasi bahwa pihaknya sedang mengerjakan sebuah layanan pembayaran khusus untuk India, namun sepertinya dibutuhkan waktu hampir setahun untuk merealisasikannya, bahkan hanya dalam bentuk beta.

Karena sejumlah faktor, WhatsApp sangat populer di India, lebih dari Facebook sendiri.

Seiring internet berkecepatan tinggi belum cukup meluas, yang berarti perpesanan teks sederhana dan fitur standar lainnya yang ada di dalam WhatsApp, seperti berbagi foto dan lokasi, lebih efisien di smartphone bila dibandingkan dengan aplikasi sarat data seperti Facebook.

Hal itu menyebabkan basis pengguna WhatsApp India lebih dari 200 juta pengguna aktif setiap hari, melampaui AS.

Bagi pengguna India, cara untuk mentransfer uang secara digital sangat berguna bagi pedagang lokal dan bagi teman dan keluarga untuk mentransfer dana di antara mereka sendiri.

WhatsApp dilaporkan telah mendaftarkan sejumlah bank India untuk membantu meningkatkan layanan pembayarannya.

Perusahaan juga memanfaatkan jaringan Unified Payments Interface India atau UPI, yang memungkinkan transfer instan antar bank peserta.

Saat ini belum diketahui kapan layanan pembayaran sepenuhnya akan diluncurkan di India, atau kapan layanan sampai ke pasar lainnya seperti Indonesia.

Latest