Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

Berambisi Gandakan Jumlah Pelanggan, Smartfren Ungkap Strategi 2018

BACA JUGA


Jakarta, Selular.ID – Usai resmi menutup layanan CDMA pada November 2017, Smartfren fokus menggarap pelanggan 4G. Bahkan, operator mempunyai misi menggandakan jumlah pelanggan saat ini.

“Tahun 2018 ini Smartfren punya misi yang sangat besar. Kami ingin men-double jumlah pelanggan kami. Dari 12 juta menjadi di atas 20 juta,” kata Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren, pada acara penyerahan sertifikasi ISO27001 di Jakarta (8/2/2018).

Djoko mengatakan misi itu tentu tidak bisa dicapai begitu saja. Karena pelanggan selular di Indonesia sudah melebihi jumlah penduduk, untuk itu Smartfren harus melakukan inovasi.

Djoko merinci setidaknya ada lima strategi inovasi yang akan dilakukan Smartfren tahun ini. Berikut paparannya:

1. Memperkuat Andromax
Smartfren akan memperkuat brand utama Andromax, yang terbukti sudah melayani konsumen loyal, dengan layanan paket data baru: 4G unlimited. Kejutan di tahun 2018 itu akan resmi minggu depan.

Djoko menegaskan, saat ini tidak ada operator yang berani menawarkan paket itu secara masal. Dengan harga sangat terjangkau hanya Rp100.000 per bulan, semua pelanggan bisa menikmati layanan 4G LTE.

2. Open Handset Market
Secara strategic Smartfren terus menjalin kerjasama dengan brand global seperti Samsung untuk menawarkan paket bundling 4G Unlimited.

Jadi layanan 4G tidak hanya bisa dinikmati di perangkat Andromax, tapi juga open market handset.

Paket itu akan memberi nuansa baru bagi masyarakat Indonesia, yang tidak usah pusing lagi ketika ingin membayar pulsa untuk berinternet.

3. Massive Mimo
Dari sisi teknologi, Smartfren akan memperkuat jaringan dimana-mana. Operator akan menambah jumlah BTS sesuai dengan pertumbuhan pelanggan dari bulan ke bulan, dan satu lagi: menggunakan teknologi Mimo, yang bisa meningkatkan kapasitas.

Jadi bertambahnya jumlah pelanggan dua kali lipat tidak akan berdampak negatif di layanan Smartfren, justru memberi nilai lebih bagi para pelanggan.

4. Customer Engagement
Dalam mengenali pelanggan, Smartfren mengklaim menjadi satu-satunya operator yang bisa menganalisa pelanggan dari Big Data System.

5. Data Security
Seiring berkembangnya teknologi dan kewajiban Daftar Ulang sesuai data Dukcapil, banyak pelanggan yang mempertanyakan bagaimana keamanan datanya? Smartfren menjawab kegelisahan itu dengan sertifikat ISO 27001 yang diberikan oleh TUV Rheinland Indonesia.

Smartfren menjadi salah satu operator yang mampu menjaga kerahasiaan pelanggan dan melakukan engagement dengan baik.

Itulah lima strategi yang akan dilakukan Smartfren di tahun 2018 ini guna menghadirkan pengalaman internet 4G terbaik ke pelanggan.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU