Tuesday, June 18, 2019
Home Devices TSM Siapkan Ponsel Candybar 4G Android "Lite"

TSM Siapkan Ponsel Candybar 4G Android “Lite”

-


Jakarta, Selular.ID – Feature phone dengan dukungan jaringan 4G LTE sudah pernah kita lihat melalui Andromax Prime yang dikeluarkan Smartfren tahun lalu. Sebentar lagi, kita juga akan melihat ponsel serupa lainnya, tapi dengan sejumlah peningkatan signifikan.

“Kami sedang mengembangkan native dialer via data, yaitu fitur call yang bekerja di layanan data, bukan di jaringan GSM operator. Sehingga memaksimalkan layanan 4G LTE itu sendiri,” kata Riswanto, Direktur Penjualan dan Operasional PT Tata Sarana Mandiri (TSM) pada acara Qualcomm New Year Gathering, di Jakarta (24/1/2018).

Riswanto menyebutnya Smart Feature Phone (ponsel biasa yang pintar) dengan desain candybar yang akan menggunakan OS Android dengan aplikasi WhatsApp dan Facebook yang sudah disesuaikan dengan fungsi keypad.

“Desainnya seperti Nokia 3310. Ponsel kami sudah didukung Qualcomm menggunakan chipset 8905 dan 8909. Kami mendesain untuk fitur-fitur simpel tapi OS-nya didukung Android. Kami streamline sehingga menjadi semacam Android Lite. Ada Facebook dan WhatsApp serta beberapa aplikasi penting lainnya, sehingga aplikasinya menjadi ringan, hanya untuk yang diperlukan saja. Jadi harga dan costnya terjangkau,” papar Riswanto.

Riswanto mengatakan bahwa perusahaannya tengah berbicara dengan beberapa operator dan menunggu kesiapan mereka untuk meluncurkan produk tersebut. Rencananya untuk membantu migrasi dari pengguna 2G langsung ke 4G LTE.

“Kami develop native dialer itu fase pertama. Fase berikutnya ada NFC dan Fingerprint. Sehingga kalau bicara digital economy, untuk semua lapisan masyarakat, produk ini jadi sangat ideal,” tegasnya.

Belum menentukan nama brand serta tipe yang akan digunakan, smart feature phone itu ditargetkan Riswanto untuk rilis di Indonesia sekitar April dan Mei 2018.

“Bulan depan akan kami pamerkan di MWC 2018. Semoga di sana ada partner yang tertarik untuk bekerjasama dalam peluncuran produk ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, TSM merupakan design house smartphone (ODM) di Indonesia, yang sudah didukung Qualcomm. Produk yang pernah diluncurkan TSM antara lain Flexi Muslim Smartphone (2010), IVO V5 dengan Bolt (2014) dan Polytron Zap5 dan Zap6 (2015).

LIVE BLOG: PELUNCURAN OPPO RENO

Oppo Reno series mengedepankan kamera, performa dan juga daya tahan tahan baterai.

Latest