Tuesday, December 10, 2019
Home News E-Commerce Lenna, Asisten Virtual Pertama Berbahasa Indonesia

Lenna, Asisten Virtual Pertama Berbahasa Indonesia

-


Jakarta, Selular.ID – Membeli tiket pesawat dengan menyampaikan perintah suara ke smartphone kini dimungkinkan. Bukan dalam lisan bahasa Inggris melainkan Indonesia dengan gaya bahasa sehari-hari.

Lenna, aplikasi asisten pribadi berbasis artificial intelligence (kecerdasan buatan) resmi diluncurkan hari ini oleh PT Sinergi Digital Teknologi.

“Mulai hari ini, Lenna sudah bisa diunduh pengguna smartphone Android melalui Play Store. Sementara iOS menyusul,” kata Rissandi, CEO PT Sinergi Digital Teknologi, pada acara peluncuran Lenna di Jakarta (23/1/2018).

Jika Anda pengguna iPhone mungkin sudah akrab dengan Siri, aplikasi serupa khusus disematkan dalam produk Apple.
“Berbeda dengan Siri yang harus pakai bahasa Inggris, Lenna cukup dengan bahasa Indonesia sehari-hari, gak harus baku,” kata Rissandi.

Di kancah global, asisten pribadi berbasis AI ini sudah diisis empat pemain besar, yakni: Apple Siri, Amazon Alexa, Micosoft Cortana, dan Google Assistant.

Tapi keempatnya mengharuskan pengguna menyampaikan perintah dalam bahasa Inggris. Di situlah kelebihan Lenna. Bagaimana cara menggunakannya?

Ketika selesai diunduh, Anda bisa langsung berinteraksi dengan Lenna. Karena masih baru, layanan yang bisa ditangani Lenna terbatas.

“Ke depannya Lenna akan bisa diperintah untuk keperluan apa saja. Tapi saat ini baru ada 7 fitur unggulan: mencari berita, ramalan cuaca, browsing, pembelian tiket pesawat, pulsa handphone, token listrik, dan beli toket nonton film,” papar Alen Boby Hartanto, Founder & CTO PT Sinergi Digital Teknologi.

Untuk pembayaran, Alen memaparkan bahwa SDT bekerjasama dengan Doku dalam menyediakan dompet elektronik dalam aplikasi yang dinamakan “Saldo Lenna”.

“Cukup topup saldo menggunakan ATM atau m-banking, Saldo Lenna bisa dipakai tanpa ada potongan biaya apapun untuk penggunaan semua layanan,” papar Alen.
Alen menyerukan, selain untuk keperluan di atas, Lenna juga bisa diajak untuk curhat, bincang santai, layaknya teman sendiri.

Bagi bisnis yang ingin memanfaatkan Lenna juga bisa. Misalnya menyuruh Lenna untuk membuat dan meminta laporan penjualan secara real time.

“Saat ini Lenna masih dalam tahap awal dan berpotensi untuk dikembanhkan lebih jauh,” pungkas Rissandi.

Latest