Tuesday, June 2, 2020
Home News FinTech Korea Selatan Bakal Larang Pertukaran Mata Uang Digital

Korea Selatan Bakal Larang Pertukaran Mata Uang Digital

-

Cryptocurrency
Jakarta, Selular.ID – Pejabat Korea Selatan pekan ini mengumumkan bahwa mereka sedang mempersiapkan sebuah RUU yang benar-benar akan melarang perdagangan mata uang digital atau cryptocurrency domestik. Menanggapi kabar tersebut, harga bitcoin di Korea Selatan turun sebesar USD2.000.

Dilansir Selular.ID dari Reuters (11/1/2018), “Ada kekhawatiran besar mengenai mata uang virtual,” jelas Menteri Keadilan Park Sang-ki, pada sebuah konferensi pers yang dihadiri oleh Reuters.

Langkah ini dilakukan setelah harga bitcoin, Ethereal, dan mata uang digital top lainnya dihargai lebih tinggi di bursa Korea Selatan dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Sikap keras Korsel terhadap cryptocurrency bukanlah hal baru. September lalu, Korea Selatan melarang penawaran koin awal, dan kemudian pada bulan Desember, pemerintah mengusulkan undang-undang yang akan membatasi bagaimana bank tradisional akan berinteraksi dengan cryptocurrency.

Dalam pernyataannya pada bulan Desember, pemerintah mengisyaratkan gagasan tentang larangan langsung pertukaran mata uang digital. Pada saat itu, China adalah satu-satunya negara yang melarang pertukaran mata uang digital, dan harus dengan Firewall China yang dipantau ketat sehingga berhasil melakukannya.

Ini juga merupakan upaya pemerintah untuk mengatur mata uang digital di Korea Selatan. Beberapa hari sebelumnya, polisi dan agen pengumpul pajak menggerebek pertukaran mata uang digital terbesar di negara itu dengan alasan penghindaran pajak yang dituduhkan.

Larangan itu mungkin tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Beberapa jam setelah pengumuman pejabat mengenai rencana pelarangan cryptocurrency, kantor kepresidenan Korea Selatan kemudian mengklarifikasi bahwa larangan tersebut belum final.

Jika sebuah rancangan undang-undang selesai disusun, masih tetap memerlukan suara mayoritas dari 297 anggota Majelis Nasional, yang bisa memakan waktu berbulan-bulan, atau bahkan lebih lama lagi.

TERBARU

Triasmitra Menangkan Kasus Perusakan Kabel Fiber Optik Bawah Laut

Jakarta, Selular.ID – PT Ketrosden Triasmitra (Triasmitra) berhasil memenangkan kasus pengrusakan sistem komunikasi khususnya...

Dorong Vendor Tingkatkan Produksi, India Melonggarkan Kebijakan Ponsel

Jakarta, Selular.ID - India membuat langkah besar menuju insentif dan memperluas produksi lokal dari...

Ponsel 5G ZTE Axon 11 SE Diumumkan

Jakarta, Selular.ID - Sesuai jadwal, ZTE mengumumkan ponsel 5G terbaru di negara asalnya Cina....

Latest