Sunday, December 15, 2019
Home News Ini yang Diupayakan Pemerintah Tentang RUU Perlindungan Data Pribadi

Ini yang Diupayakan Pemerintah Tentang RUU Perlindungan Data Pribadi

-

Jakarta,Selular.ID-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah merancang draft untuk aturan terkait perlindungan data pribadi.

Dalam praktiknya Kominfo berkoordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk merancang undang-undang perlindungan data pribadi di Indonesia.

Semuel Abrijani, (Semmy) Dirjen Aplikasi Informatika di sela-sela diskusi ID-IGF 2018 menuturkan, menurutnya hingga saat ini aturan terkait perlindungan data pribadi masih dalam tahap penggodokan bahkan secara global.

Begitu pula halnya dengan di Indonesia dimana aturan perlindungan data pribadi masih dalam rancangan pemerintah.

“Rancangan undang-undang perlindungan data pribadi selanjutnya akan menjadi inisiasi dari DPR.Sekarang diambil alih oleh DPR, akan menjadi inisiatifnya DPR,” kata Semuel di Jakarta (19/01/18)

Dikatakan Semmy, undang-undang perlindungan data pribadi tersebut hanya menjadi cadangan dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2018.

Meski begitu, dijelaskan Semmy, aturan itu akan diupayakan Kominfo agar menjadi prioritas Prolegnas 2018.

“Cadangan, kalau tidak salah belum utama. Kami akan upayakan permen perlindungan data pribadi untuk jadi prioritas (dalam Prolegnas 2018).

Baca Juga: Keamanan Data Jadi Pokok Bahasan ID-IGF 2018

Disebutkan Semmy hal itu menjadi inisiatifnya DPR, namun Semmy menyebutkan akan ada upaya  untuk dimasukkan jadi prioritas.

Semmy juga menambahkan, bahwa Kominfo.akan melakukan dengar Pendapat bersama DPR awal pekan depan. Salah satu topik yang akan menjadi pembahasan dalam RDP tersebut terkait undang-undang data pribadi di Indonesia.

Latest