Tuesday, April 7, 2020
Home News FinTech Fintech Indonesia Kekurangan Tenaga Terampil

Fintech Indonesia Kekurangan Tenaga Terampil

-

Jakarta, Selular.ID – Pada tahun 2016 lalu jumlah pelaku usaha financial technology (fintech) sebanyak 140 pemain. Di tahun 2017 ini berdasarkan data dari Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), jumlah tersebut tumbuh hampir dua kali lipat menjadi 235 perusahaan.

Sementara itu, dilihat dari usianya, meski mayoritas pelaku usaha industri tekfin berdiri dalam kurun tahun 2015 – 2017, hampir 32 persen perusahaan tersebut memiliki lebih dari 100 karyawan. Ini menunjukkan bahwa secara skala perusahaan tekfin di Indonesia makin membesar, sekaligus membuktikan potensi penyerapan tenaga kerja yang ditawarkan oleh tekfin.

Namun sayangnya, di tengah pertumbuhan industri fintech yang terbilang pesat ini, menurut Ajisatria Suleiman, Direktur AFTECH, pelaku usaha fintech masih menghadapi tantangan kurangnya tenaga terampil (skill gap).

Beberapa keahlian yang dibutuhkan dalam indstri fintech ini disebutkan Aji terutama di bidang data dan analisa (data and analytics), pengetahuan industri keuangan (financial industry knowledge), pemrograman back-end (back-end programming), desain pengalaman pengguna (user experience design) dan manajemen resiko (risk management).

Untuk mengatasi keterbatasan ini, AFTECH dikatakan Aji membuka jejaring dan bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan Pemerintah Australia.

“Sebagai wadah yang senantiasa berupaya untuk membangun ekosistem fintech yang lebih kondusif, AFTECH terus membuka jejaring dan bekerjasama dengan berbagai pihak. Termasuk baru-baru ini dengan Pemerintah Australia untuk memfasilitasi pertukaran SDM, keahlian, teknologi dan permodalan. Industri fintech Indonesia khususnya sangat membutuhkan SDM di bidang data science,” jelas Aji.

TERBARU

Demi Turunkan Harga Z Flip, Samsung Siap Produksi Layar...

Jakarta, Selular.ID - Samsung dikabarkan berencana untuk memproduksi kaca layar lipat miliknya sendiri. Langkah...

iPhone 12 Pro Akan Hadir dengan Dukungan Teknologi Lidar

Jakarta, Selular.ID - Apple sedang bersiap menghadirkan iPhone 12 flagship tahun ini. Bocoran mengungkapkan...

Layanan Broadband Telkomsel Naik 16% Selama Pandemi Covid-19

Jakarta, Selular.ID - Sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari Pemerintah RI...

Latest