Saturday, November 23, 2019
Home News FinTech Dua Tahun Hadir di Indonesia Modalku Sudah Beri Pinjaman Rp540 Miliar

Dua Tahun Hadir di Indonesia Modalku Sudah Beri Pinjaman Rp540 Miliar

-

Jakarta, Selular.ID – Sebagai pemain peer to peer (P2P) lending Modalku mampu menorehkan hasil cukup positif di tahun 2017.

Hal itu diungkapkan Iwan Kurniawan,  Selaku CO Founder dan COO modalku. Dikatakan dia, Modalku telah menyalurkan total pencairan pinjaman modal  usaha mencapai Rp1 Triliun bagi dua ribu usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang tersebar di tiga negara. Yakni, Indonesia, Singapura dan Malaysia.

“Dari tiga negara itu kontribusi Indonesia mencapai sekitar 60%, dan menyalurkan  lebih dari Rp540 miiar pinjaman UMKM,”ujar Iwan di Jakarta (25/01/18).

Meskipun begitu, dikatakan Iwan, masih ada kekurangan mengenai kebutuhan kredit nasional.

Iwan mengacu pada data OJK tentang kebutuhan kredit nasional mencapai Rp1700 triliun pertahun bagi UMKM Indonesia. Sementara lembaga keuangan yang ada hanya mampu memenuhi Rp700 trliun, dari kebutuhan tersebut. Sehingga ada kekurangan pendanaan Rp1000 triliun setiap tahunnya.

“Sehingga keurangan ini yang coba dipenuhi lembaga keuangan alternatif Fintech seperti Modalku,”ujar Iwan lagi

Dikatakan Iwan, memang tidak mudah untuk memenuhinya, pasalnya kurangnya akses kredit bagi UMKM lokal. Selain itu tantangan yang dihadapi oleh UMKM adalah keterbatasan akses kredit karena tidak cukup angungan. Tidak memiliki riwayat kredit, atau produk pinjaman yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka.

Dengan melihat itu, Iwan berharap Modalku semakin gencar mendukung inklusi keuangan di Indonesia, Iwan menyebutkan model bisnis P2P lending diharapkan menjadi alternatif sumber modal.usaha bagi UMKM.

“Dengan mendanai pinjaman UMKM, pemberi pinjaman Modalku mendapatkan alternatif investasi dengan tingkat return menarik, lebih tinggi dibandingkan deposito dan obligasi,” kata Iwan.

Iwan menambahkan, disisi lain UMKM pinjaman mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan dengan proses online yang mudah dan cepat, dengan bunga 1,5% sebulan setiap pinjaman.

Latest