Saturday, October 19, 2019
Home Tips Alternatif Pencarian Google ini Stop Lacak Aktivitas Online Anda

Alternatif Pencarian Google ini Stop Lacak Aktivitas Online Anda

-


Jakarta, Selular.ID – Google mencatat gerak gerik online Anda di layanan miliknya, terutama saat browsing. Dengan rekam jejak yang dimiliki, mereka bisa menampilkan konten iklan yang sesuai kebiasaan Anda.

Nah, DuckDuckGo adalah pesaing penelusuran Google yang akan melindungi privasi online Anda dengan tidak memonetisasi profil Anda seperti Google.

DuckDuckGo masih menghasilkan uang dari iklan online, namun tidak menggunakan riwayat penelusuran dan aktivitas online Anda untuk menargetkan iklan yang sangat spesifik.

Bahkan jika Anda menggunakan DuckDuckGo sebagai mesin pencari pilihan, itu tidak berarti situs lain tidak mencoba melacak Anda. Kelak, DuckDuckGo berencana untuk melindungi Anda dari pelacak semacam itu juga, dengan bantuan aplikasi baru dan ekstensi browser.

Perusahaan baru saja meluncurkan ekstensi browser yang bekerja di Chrome, Firefox, dan Safari, serta aplikasi smartphone untuk iPhone dan Android.

Kedua produk tersebut akan menghapus pelacak dari Google, Facebook, dan banyak lainnya, secara otomatis mengarahkan pengguna ke situs HTTPS terenkripsi, dan memberikan peringkat privasi situs web yang Anda kunjungi.

Alat ini bukan pemblokir iklan, perusahaan menjelaskan kepada FastCompany (24/1/2018), namun bisa digunakan bersamaan dengan itu jika Anda menginginkannya.

“Pemblokir iklan sebagian besar memblokir iklan, tapi tidak selalu memblokir semua pelacak yang tersembunyi,” pendiri dan CEO DuckDuckGo Gabriel Weinberg mengatakan.

“Ekstensi kami memblokir semua pelacak tersembunyi namun tidak memblokir semua iklan.”

Perusahaan juga bekerja sama dengan proyek Terms of Service Didn’t Read (Ketentuan Layanan yang Tidak Terbaca), yang menganalisis kebijakan privasi dan persyaratan layanan dari berbagai situs.

Berdasarkan peringkat TOSDR, DuckDuckGo akan menampilkan huruf privasi, dari A sampai F, untuk setiap situs yang Anda kunjungi.

DuckDuckGo tidak akan berhenti di situ dan berencana untuk memperbaiki aplikasi dan ekstensi di masa mendatang. Fitur seperti built-in VPN atau dukungan Tor bisa ditambahkan, asalkan tidak mempengaruhi keseluruhan pengalaman pengguna.

Latest