Beranda News Social Media Manfaatkan Kecerdasan Buatan, Opera Segera Luncurkan Aplikasi Khusus Video

Manfaatkan Kecerdasan Buatan, Opera Segera Luncurkan Aplikasi Khusus Video

-

image
Jakarta, Selular.ID – Tim Opera mengembangkan mesin kecerdasan buatan (AI) untuk menyediakan konten yang relevan kepada masyarakat dengan cara cerdas. Sistem AI mempelajari kebiasaan membaca berita pengguna secara real time dan mempelajari hal tersebut dengan tujuan menyediakan berita sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Hal tersebut akan membuat masyarakat menjadi semakin mudah dan cepat dalam mendapatkan berita dan video, yang menarik bagi mereka.

Pendekatan itu berhasil. Layanan berita dan video tumbuh 50 kali lipat sejak diperkenalkan di browser Opera Mini pada Januari 2017.

“Data penggunaan bulan November menunjukkan bahwa rata-rata, pengguna menghabiskan 40 menit setiap hari di dalam browser Opera dan bersinggungan dengan 65 hingga 81 berita per hari,” sebut Jan Standal, VP Product Marketing and Communication, dalam siaran resmi yang diterima Selular.ID (19/12/2017).

Pengembang Opera Mini dan Opera browser itu juga mengumumkan jumlah pengguna aktif bulanan layanan newsreader-nya mencapai lebih dari 100 juta per November 2017.

Browser Opera salah satu platform menjelajahi konten video dan berita dari Internet. Browser ini juga berfungsi sebagai aplikasi untuk kegiatan sehari-hari seperti belanja online, mencari informasi atau pembayaran melalui mobile.

Oleh karena itu, Opera berencana meluncurkan aplikasi khusus berita dan konten, dengan codename Opera Habari, yang menawarkan video dan berita sesuai dengan kebutuhan pengguna. Opera Habari akan menggunakan mesin kecerdasan buatan (AI) sama dengan browser Opera.

“Dengan lebih dulu memperkenalkan pembaca berita AI ke browser populer Opera, yang digunakan 250 juta orang di seluruh dunia, kami berhasil mengatasi salah satu tantangan terbesar dalam menciptakan newsreader AI yang benar-benar cerdas, terutama dalam skala tersebut,” kata Jan Standal,

“Dengan memanfaatkan kecerdasan Opera Mini, kami terus mengembangkan layanan AI kami untuk menjadikannya salah satu platform penemu konten terkemuka di dunia. Kombinasi unik antara basis pengguna besar dengan kemampuan teknologi kami yang mendalam, menempatkan Opera pada posisi unik untuk mencapai tujuan tersebut. Kami berharap dapat meluncurkan aplikasi baru dalam waktu dekat.”

Untuk menikmati pengalaman kanal berita yang didukung AI pada Opera Mini dan browser Opera, bisa mengunduh aplikasinya di Play Store untuk perangkat Android.

Artikel Terbaru