Friday, October 23, 2020
Home News Perlindungan Data Pribadi Masih Andalkan Peraturan Menteri

Perlindungan Data Pribadi Masih Andalkan Peraturan Menteri

-

IMG_20171128_155555
Jakarta,Selular.ID – Di zaman digital seperti sekarang ini, aturan undang-undang khusus mengenai perlindungan data pribadi sangat diperlukan. Agar mengantisipasi pihak-pihak yang menyalahgunakan data pribadi untuk kepentingan pribadi. Terlebih saat ini operator dan pemerintah mewajibkan pengguna ponsel harus melakukan registrasi kartu prabayar yang dilakukan mulai awal Oktober hingga 28 Februari.

Lalu bagaimana pemerintah menjamin keamanan data pengguna di tenggah ketiadaan undang-Undang aturan khusus mengenai perlindungan data pribadi. Padahal, aturan tersebut sudah harus ada sebagai landasan hukumnya, mengingat saat ini sudah berada di era digital.

Mengenai itu Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika menyebutkan, bahwa untuk sementara pemerintah berpedoman pada Peraturan Menteri Kominfo 2016 bulan Desember.

“Kami terus mendorong pembahasan pengesahaan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi yang saat ini masih dalam tahap rancangan,” ujar Rudiantara di sela-sela Rapat Kerja di gedung MPR DPR Jakarta (28/11/17).

Dikatakan Rudiantara bahwa sekarang sedang digodok (menjadi) Undang-Undangan Perlindungan Data Pribadi yang diharapkan 2018 sudah bisa dibahas dan mudah-mudahan selesai, karena dikatakan Rudiantara saat ini sudah masuk dalam tahap prolegnas dan diharapkan masuk prolegnas perioritas mengenai Perlindungan data pribadi.

“Itu sebenarnya sudah siap. Sekarang masih dalam tahap diharmonisasi. Saya berharap semoga DPR juga memasukkan hal ini (Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi),”harap Rudiantara.

Rudiantara pun menjamin bahwa semua PSE (penyelenggara sistem elektronik) itu harus menjaga kerahasiaannya, dan sanksinya mulai dari teguran sampai pencabutan izin.

Latest