Beranda News Komisi I Minta Kemkominfo Memaksimalkan Perlindungan Data Pelanggan

Komisi I Minta Kemkominfo Memaksimalkan Perlindungan Data Pelanggan

-

IMG_20171129_054641
Jakarta,Selular.ID – Hasil Rapat kerja Kementrian Komunikasi yang diikuti Anggota DPR Komisi 1 salah satu pointnya adalah menyoroti pemerintah mengenai sosialisasi program registrasi data pengguna layanan telekomunikasi seluler prabayar, sekaligus memaksimalkan upaya menjaga kerahasiaan datanya.

Hal tersebut disampaikan Tubagus Hasanuddin, Wakil Ketua Komisi I DPR saat membacakan kesimpulan rapat kerja Komisi 1 DPR bersama Kemkominfo kemarin di Gedung DPR jakarta (28/11/17).

Komisi I DPR mendorong Kemkominfo untuk meningkatkan sosialisasi secara intensif terkait dengan registrasi kartu prabayar sehingga masyarakat mendapat informasi yang valid, dan mengharapkan agar operator bergerak aktif.

Artinya setiap proses yang telah dilakukan pelangan, operator memberikan informasi, sehingga pelanggan mengetahui sejauh mana proses registrasi berjalan.

“Hasil rapat Komisi I DPR meminta Kemkominfo untuk memaksimalkan perlindungan data pribadi pelanggan, operator juga harus aktif kepada pelanggan bukan sebaliknya,”  ujar  Tubagus Hasanuddin, saat membacakan kesimpulan itu.

Kesimpulan awalnya yang dibacakan Tubagus Hasanuddin memuat kata ‘Kemkominfo menjamin perlindungan data pribadi pelanggan’.

Namun Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika meminta agar kata menjamin dihilangkan dan diganti ‘memaksimalkan.

Alasan menteri, pihaknya tidak bisa menjamin selama UU mengenai perlindungan data pribadi itu belum disahkan oleh DPR. Saat ini, RUU mengenai hal itu memang sedang dibahas oleh Pemerintah dan DPR.

Poin lainnya adalah Komisi I DPR mengapresiasi penjelasan Menkominfo tentang kebijakan dan program kerja serta upaya yang telah dilakukan dalam mendukung pemerataan akses layanan telekomunikasi. Komisi I juga terus mendorong Kemkominfo untuk makin giat meningkatkannya.

Menyangkut percepatan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan penyiaran di seluruh wilayah Indonesia, Komisi I mendesak Kemkominfo semakin mempercepat. Khususnya di daerah yang masih memiliki banyak blank spot.

Sebagai informasi rapat kerja Kemkominfo dengan Komiisi 1 DPR meminta penjelasan kinerja yang dilajukan Kemkominfo, ada tiga point yang dibahas rapat kerja bersama Komisi 1.

Poin pertama adalah, perkembangan infrastruktur sektor telekomunikasi dan penyiaran termasuk daerah perbatasan dan 3T  (terluas, terdepan, tertinggal).

Poin kedua, perkembangan proses registrasi kartu prabayar.

Poin ketiga mengenai isu konten pornografi dan isu aktual lainya di bidang Kominfo.

Artikel Terbaru