IMG_20171110_072219
Jakarta, Selular.ID – Barol Gaming dan TEAMnxl berhasil merebut gelar juara pertama untuk Dota 2 dan CSGO tingkat nasional, serta berhak mewakili Indonesia di kompetisi GeForce ESports Xtreme Tournament (GEXT) tingkat Asia Tenggara yang akan berlangsung di Filipina, 25 hingga 26 November 2017.

Kemenangan kedua tim ini diraih setelah melewati serangkaian babak penyisihan dan kualifikasi dari pertengahan Agustus, serta babak final yang berlansung di Bandung akhir Oktober lalu.

Dalam keterangan resminya dijelaskan kemenangan Barol Gaming di kategori Dota 2 di GEXT tingkat nasional sudah banyak diprediksi berkat permainannya yang cemerlang sejak dari babak awal. Namun demikian, kemenangan Barol Gaming 2-0 di final melawan pesaing utamanya sedari babak awal, Underground Infinite Jakarta, tetap diartikan oleh anggota timnya sebagai pertarungan yang menuntut strategi dan konsentrasi tinggi.

“Kemenangan di GEXT yang diselenggarakan NVIDIA ini sangat membanggakan kami. Sebab, menjadi juara pertama di tengah ketatnya persaingan sangatlah tidak mudah,” ujar Adhitama, Barol Gaming.

Saat ini Barol Gaming terus berlatih meningkatkan kemampuan agar mampu mewujudkan target kami menjadi yang terbaik di tingkat Asia Tenggara meski kami sadar persaingan akan sangat berat, terutama dari Tim Malaysia dan Thailand.

Beratnya persaingan juga dirasakan oleh peserta di kategori CSGO. Serupa dengan komentar Adhitama dari Barol Gaming yang menjuarai Dota 2, Richard dari TEAMnxl yang tahun ini menjadi juara pertama untuk CSGO juga mengatakan bahwa perkembangan ESports di tanah air telah berdampak pada semakin meratanya peta kekuatan tim-tim tangguh di Indonesia.

“Bagi kami, NVIDIA GeForce Xtreme Tournament (GEXT) adalah salah satu barometer untuk mengukur progres yang telah dicapai sekaligus peluang bagi pelaku ESports untuk meningkatkan prestasi, baik di tingkat nasional namun internasional,”ujar Richard, TEAMnxl Jakarta.

Pada turnamen olahraga digital GEXT tingkat nasional yang babak finalnya digelar bersamaan dengan perhelatan CBN Digital Nation di Bandung, NVIDIA menyediakan total hadiah dengan nilai setara Rp260juta yang di antaranya diwujudkan dalam bentuk pelatihan dan pembinaan bagi tim juara.

Selain itu, bagi juara pertama Dota 2 dan CSGO masing-masing juga berhak mewakili Indonesia di kejuaraan GEXT tingkat Asia Tenggara di Filipina. Khusus untuk pemenang Dota 2, yaitu Tim Barol Gaming, mereka akan mendapatkan kesempatan berlatih di Bootcamp TNC di Filipina, pada 23 November 2017. Pelatihan ini merupakan hasil kerja sama NVIDIA dengan TNC Filipina yang bertujuan untuk membina para rookies atau debutan baru yang tengah melejit prestasinya dalam bertranformasi menjadi profesional sejati.

Harry Kartono, Country Business NVIDIA Indonesia, menuturkan GEXT menjadi momentum tepat untuk makin menjadikan ESports kian bergaung, sekaligus menjadi peluang berkembangnya beragam potensi olahraga digital di tanah air sehingga bidang ini semakin diterima sebagai bidang yang menjanjikan, baik ketika dilihat dari sudut pandang prestasi maupun ekonomi.

Melalui kompetisi CSGO dan Dota 2, menurut Harry NVIDIA juga berkesempatan untuk mengedukasi gamers tentang keandalan teknologi NVIDIA yang mampu mengakselerasi performa permainan mereka.

“Bagi entusias fanatik GeForce kompetisi CSGO dan Dota 2 di CBN Digital Nation juga menjadi ajang menarik yang menawarkan pengalaman bermain game secara optimal berkat dukungan teknologi terunggul yang dihadirkan NVIDIA,”kata Harry

Partisipasi NVIDIA dalam menggelar kompetisi CSCO dan Dota 2 di CBN Digital Nation, kian melengapi inisiasi-inisiasi yang mencerminkan konsistensi NVIDIA dalam mendukung perkembangan dunia ESports di belahan dunia manapun, termasuk di Indonesia.

Inisiasi lain yang menjadi bentuk nyata dukungan NVIDIA terhadap ESports adalah program sertifikasi GeForce untuk iCafe-iCafe yang menjadi Arena ESports. Dalam dua tahun berjalan, program ini telah menyertifikasi 40 iCafe di 30 kota di Indonesia dan diharapkan akan berkembang menjadi 50 iCafe yang tersertifikasi di akhir 2017.