spot_img
BerandaNewsTelcoLayanan Digital Advertising Telkomsel Tumbuh 65%

Layanan Digital Advertising Telkomsel Tumbuh 65%

-

IMG_20171009_221202
Jakarta, Selular.ID – Layanan digital advertising Telkomsel terus tumbuh. Dalam tiga tahun terakhir, pertumbuhannya mencapai lebih dari 65% year-on-year.

Hal itu dikemukakan oleh Marlin R S, GM Digital ADV, National Account, Telkomsel, pada acara media briefing bersama Mobile Marketing Association (MMA) di Jakarta (9/10/2017).

Perempuan yang akrab disapa Iyut itu mengungkapkan bahwa mobile ad termasuk dalam Digital Advertising Telkomsel.

“Secara keseluruhan, digital ad Telkomsel mengalami average pertumbuhan di atas 65% dalam tiga tahun terakhir. Di situ termasuk mobile ad,” ungkap Marlin.

Marlin memaparkan ada empat kategori digital advertising yang ditawarkan Telkomsel, antara lain messaging, display, reward, dan measurement & insight.

Messaging menawarkan iklan digital dalam bentuk SMS (location based & targeted user), MMS, UMB, USSD, dan IVR.

Display menawarkan layanan iklan melalui media online, seperti Banner.

Lebih lanjut Marlin mengungkapkan bahwa untuk mobile advertising, format yang paling dominan adalah messaging.

“Format display juga sudah mulai diincar advertiser. Karena didukung penetrasi smartphone itu sendiri. Dari total 178 juta pelanggan Telkomsel saat ini, sebanyak 81 juta menggunakan smartphone. Jadi pertumbuhan display akan semakin besar ke depannya karena pengguna smartphone akan terus bertumbuh,” ungkap Marlin.

Tapi pengguna feature phone dan basic phone juga masih sangat besar. Itulah yang menjadi diferensiasi Telkomsel dengan media lainnya. Advertiser bisa menjangkau ketika misalnya perusahaan FMCG ingin menjangkau pelanggan di area rural atau pelosok Indonesia. Nah mereka justru meminta Telkomsel broadcast dengan format messaging.

“Kami broadcast ad berdasarkan profiling yang kami punya. Habit user seperti apa. Kamijuga ada data optim yang berisi nomor-nomor yang setuju kami broadcast-kan iklan. Data optim kami cukup besar ada sekitar 60 juta pelanggan,” kata Marlin.

“Pertumbuhan digital ad kami cukup besar. Rata-rata di atas 65% selama tiga tahun terakhir,” pungkas Marlin.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru