Monday, June 17, 2019
Home News Security Google Play Protect Masih Kewalahan Halau Malware

Google Play Protect Masih Kewalahan Halau Malware

-

Play-Protect

Jakarta, Selular.ID – Google Play Protect diumumkan pada ajang Google bulan Mei lalu dan fitur ini hadir di semua perangkat Android dengan dukungan Google Play Services 11 dan terbaru.

Sebenarnya fitur ini bukanlah fitur yang benar-benar baru. Fitur ini merupakan versi sempurna atau versi baru dari “Verify Apps”yang merupakan layanan Google Play yang sudah lama ada.

Walauoun difungsikan untuk menghalau malware, namun dikabarkan Google Play Protect tidak cukup ampuh untuk menghalau serangan malware di Android.

Seperti.dilaporkan Thenextweb bulan lalu, perusahaan penguji software asal Jerman AV-Test menyusupkan malware ke 20 aplikasi antivirus di Android.

Saat malware tersebut disusupkan pada enam dari 20 software yang menjadi objek percobaan, rata-rata dari aplikasi tersebut dapat dengan tepat memberikan tanda sebagai program jahat atau mencegahnya untuk bekerja.

Sementara itu delapan lainnya bahkan memiliki penilaian yang lebih baik. Kebanyakan dari aplikasi tersebut memiliki nilai pemindaian hingga 99%.

Sayangnya, Google Play Protect hanya mampu mendeteksi 65,8% ancaman malware di Android.AV-Test juga turut menyusupkan jenis malware yang cukup lawas. Lagi-lagi Google Play Protect masih kewalahan dalam menangkalnya.

Sebanyak 13 aplikasi dari 20 yang diuji, memiliki penilaian hingga 100% sementara Google Play Protect hanya mampu mengidentifikasinya sebanyak 93%. Kode Google bahkan hanya mampu memperoleh 79,2%.

Kemungkinan performa tak memuaskan Google Play Protect disebabkan oleh penggabungan banyak tool dalam satu label yang sama seperti anti-malware, serta penguncian dan pemulihan perangkat yang masih belum bekerja dengan baik.

Latest