spot_img
BerandaNewsEnterpriseBangun Ulang Infrastruktur IT, Produktivitas Perusahaan Ini Meningkat 35%

Bangun Ulang Infrastruktur IT, Produktivitas Perusahaan Ini Meningkat 35%

-

IMG_20171017_145342
Singapura, Selular.ID – Untuk meningkatkan daya saing, banyak perusahaan di berbagai negara mulai berpaling ke pemanfaatan IT. Tidak terkecuali produsen kimia seperti Kaneka. Guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi, raksasa bahan kimia asal Malaysia itu membangun ulang infrastruktur IT mereka dengan Nutanix Enterprise Cloud Platform.

Di bawah naungan Kaneka Corporation, sebuah produsen kimia internasional yang memproduksi beragam produk seperti modifiers, expandable plastics, dan serat fiber sintetis, Kaneka telah beroperasi di Malaysia sejak Agustus 1995. Sebelum memanfaatkan solusi Nutanix, sistem IT Kaneka berjalan di atas infrastruktur IT legacy yang dibangun dari berbagai sistem berbeda-beda.

Selain membuat biaya pemeliharaan meningkat dari waktu ke waktu, kondisi ini juga semakin menyulitkan perusahaan ketika ingin meningkatkan pemanfaatan IT seiring dengan kebutuhan yang kian berkembang. Untuk mengetahui permasalahan dan tantangan di lapangan, Kaneka bersama dengan Virtuosity Solutions, mitra IT mereka, melakukan sebuah studi internal dengan mewawancarai manajemen tingkat atas hingga para insinyur sistem IT perusahaan.

“Dari studi mendetail yang dilakukan oleh orang-orang kepercayaan kami bersama dengan mitra konsultasi yang kapabel, kami sekarang sadar akan nilai sesungguhnya dari pemanfaatan infrastruktur IT untuk mendorong produktivitas secara keseluruhan. Hal ini semakin meneguhkan keputusan kami untuk merombak ulang sistem IT dan menjadikan Nutanix sebagai teknologi inti dari sistem kami,” ujar Ehtesham Ihsan, Acting Department Head, Kaneka.

Studi yang dilakukan Kaneka Malaysia mengungkap bahwa sistem IT mereka tidak mampu melindungi perusahaan dari crash yang ditimbulkan oleh hardware atau software, gangguan sistem, hingga pemadaman akibat saluran listrik yang terputus. Kondisi ini bisa berdampak buruk pada ketersediaan akses ke sistem operasional inti perusahaan.

Studi juga menemukan bahwa sistem IT perusahaan tidak memiliki standar yang sama dalam hal penerapan dan operasional, sehingga sistem berjalan secara tidak efisien dan mengganggu pertumbuhan bisnis. Pada intinya, Kaneka sangat membutuhkan penggantian seluruh sistem operasional IT mereka ke teknologi terbaru.

Nutanix Enterprise Cloud Platform menyediakan stack infrastruktur yang converged dan lebih sederhana, sehingga mampu merampingkan dan menyederhanakan pengelolaan sistem operasional secara keseluruhan. Sebanyak tiga perempat server Nutanix dimigrasikan ke Nutanix Platform.

Guna memastikan perencanaan dan operasional yang lebih baik, berbagai aplikasi inti bisnis perusahaan yang sebelumnya berjalan di atas sistem legacy mulai divirtualisasikan, termasuk SAP, SAP SRM, SharePoint, HRMS, dan beberapa sistem yang memang dikembangkan secara khusus oleh perusahaan. Keseluruhan waktu yang dibutuhkan untuk ini hanya memakan waktu empat bulan, dari umunya enam hingga delapan bulan, dan tidak mengganggu kegiatan operasional harian perusahaan.

Sejak penerapan sistem baru ini pada bulan Juni 2017, banyak manfaat telah dirasakan oleh Kaneka. Dengan Nutanix Prism, layer pengelolaan infrastruktur terpusat, Kaneka mampu menghemat kebutuhan dukungan IT hingga 91% dan 477 jam kerja untuk pemeliharaan sistem.

Sebagai tambahan, dengan solusi dari Nutanix mereka dapat memangkas kebutuhan server fisik hingga mencapai 15 server, sehingga mampu menghemat tempat sebesar 300 kaki persegi. Sistem baru tersebut juga memberikan penghematan energi yang signifikan dibanding sebelumnya, mampu mengurangi konsumsi energi hingga 83%. Secara keseluruhan, biaya kepemilikan total juga berhasil dipangkas menjadi sekitar RM 1,5 juta dalam 5 tahun.

“Kami bangga saat mengetahui bahwa Nutanix Enterprise Cloud OS mampu mengambil peran penting dalam membantu Kaneka untuk meningkatkan produktivitas serta hasilnya,” kata Matt Young, SVP and Head of Asia Pacific and Japan, Nutanix.

“Operasi di Kaneka Malaysia merupakan proyek percontohan dalam hal pergantian infrastruktur total. Berdasarkan kesuksesan tersebut, kami menantikan kerja sama lebih lanjut dengan fasilitas Kaneka di berbagai negara lainnya dalam waktu dekat ini.”

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru