SHARE

589600_620Jakarta, Selular.ID – Satelit Telkom 4 yang akan menggantikan Satelit Telkom 1 direncanakan diluncurkan pada Agustus 2018 mendatang. Namun kemungkinan Telkom 4 akan diluncurkan 60 hari lebih cepat dari yang dijadwalkan.

“Awalnya meluncur.pada Agustus 2018, namun dengan margin 60 hari lebih cepat jadinya bisa meluncur pada bulan Juni 2018,” kata Alex J Sinaga, Direktur Utama Telkom di Jakarta (12/08?18)

Dapat margin 60 hari lebih cepat disebutkan Alex masih terus didiskusikan. Pasalnya, pabrikan beda dengan peluncur, maka margin yang 60 hari ini akan coba didiskusikan dengan peluncurnya, apakah antriannya bisa dimajukan.

“Sehingga kami bisa lebih dulu dari satelit-satelit lain. Nah, sekarang kami sedang memproses dan mungkin kami akan berkunjung ke pabrik peluncur untuk memproposes agar ada pergantian antrean sehingga harapan kami Telkom 4 akan lebih cepat meluncur,” harap Alex.

Lebih jauh Alex menjelaskan,
jumlah kapasitas Telkom 4 lebih besar dari kapasitas satelit Telkom 1 sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan transponder.

Satelit Telkom 4 direncanakan membawa 60 transponder, sebanyak 36 transponder akan disewakan untuk kebutuhan domestik, sedangkan sisa 24 transponder akan dipasarkan untuk India.

Satelit Telkom 4 rencananya akan menggunakan platform SSL 1300 dan di desain untuk operasional selama 15 tahun.

Alex juga menegaskan bahwa hingga kini, satelit Telkom 1 masih dioperasikan. Sebab, berdasarkan hasil asessment bersama produsen Lockheed Martin pada tahun 2014 dan 2016, satelit Telkom 1 dinyatakan dalam kondisi baik dan dapat beroperasi normal dengan kecukupan bahan bakar hingga beberapa tahun ke depan, setidaknya hingga tahun 2019.

“Telkom akan mengawal ketat agar peluncuran satelit Telkom 4 dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan,” kata Alex.

Sekadar informasi, untuk membangun satelit Telkom-4 ditunjuk manufaktur Space Systems Loral (SSL) dan perusahaan peluncurnya SpaceX dari Amerika Serikat. Model pengadaan untuk Satelit Telkom-4 adalah On Ground Delivery (OGD).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here