Sunday, July 12, 2020
Home Apps Ini 3 Aplikasi Jogging Gratis Terbaik untuk Android

Ini 3 Aplikasi Jogging Gratis Terbaik untuk Android

-

IMG_20170915_055947Jakarta, Selular.ID – Kesibukan dalam beraktivitas sehari-hari terkadang membuat seseorang lupa menjaga kesehatan. Guna menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar, olahraga rutin merupakan kunci utama. Berlari atau jogging menjadi salah satu pilihan termudah.

Berlatih olahraga bersama seorang instruktur menjadi pilihan bagi sebagin orang. Namun di era digital seperti sekarang ini, Anda bisa memiliki asisten olahraga sendiri, hanya dengan berbekal smartphone. Ya, tanpa harus pergi ke tempat fitness atau membayar instruktur, Anda bisa menjadi memiliki asisten digital dari aplikasi yang tepat.

Ada banyak aplikasi Android di Play Store baik gratis atau berbayar, yang bisa digunakan untuk menemani Anda berolahraga. Kali ini Selular.ID akan membahas tiga aplikasi mobile cuma-cuma untuk smartphone Android yang bisa menjadi asisten Anda ketika jogging atau berlari.

Hampir semua aplikasi asisten lari menyajikan fitur-fitur umum, namun tiga aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang membedakannya dari aplikasi lain yang serupa. Ada tiga syarat utama yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memilih aplikasi tersebut, yaitu:

1. Aplikasi harus gratis atau setidaknya memiliki versi gratis yang kaya fitur
2. Aplikasi harus memiliki fitur pemetaan menggunakan GPS yang terpasang smartphone
3. Aplikasi harus bisa dipersonalisasi

Jadi, berikut adalah Tiga Aplikasi Lari Terbaik yang gratis, untuk smartphone Android Anda.

Cardio Trainer

Menduduki peringkat tertinggi di jajaran aplikasi jogging, adalah Cardio Trainer. Aplikasi ini memiliki pemetaan yang bagus, memiliki versi gratis dengan fitur lengkap dan dapat dipersonalisasi dengan beberapa pengaturan. Aplikasi ini cukup stabil ketika dijalankan di Oppo F3 dan sangat akurat dengan jarak dan perekaman kecepatannya.

Antarmuka bersih, jernih dan mudah digunakan sejak pertama kali Anda mulai menggunakan aplikasi. Cardio Trainer menyediakan peta rute dan dapat dilihat saat Anda masih berada di perjalanan. Keakuratannya sangat tepat bahkan menunjukkan rute ketika pengguna berpindah dari satu bahu jalan ke sisi jalan lain di peta.

Dengan fitur seperti pemutar musik built-in, feedback suara dan memilih untuk merekam dalam mil atau kilometer, Cardio Trainer adalah aplikasi yang sangat tepat.

Run Keeper

Run Keeper menempati posisi kedua untuk aplikasi berbasis Android. Meskipun tidak memiliki pilihan personalisasi yang dimiliki Cardio Trainer, aplikasi ini jagoan dalam berjejaring sosial. Jika Anda adalah anggota dari kelompok kebugaran atau group lari yang menggunakan Twitter atau Facebook untuk berbagi dan bersaing dengan anggota lainnya, Run Keeper adalah aplikasi untuk Anda.

Ketika kami coba di smartphone Oppo F3, fitur pemetaannya cukup solid, Anda dapat melihat peta kapan saja selama latihan dan tidak hanya saat Anda menghentikan sesi. Namun perlu diiketahui ada tiga kekurangan di aplikasi Run Keeper, yaitu:

1. Tidak ada cara untuk mengetahui berapa kalori yang terbakar
2. Tidak ada pemutar musik internal
3. Tidak ada altimeter

Terlepas dari beberapa kekurangan yang mungkin segera diperbaiki dalam pembaruan di masa depan, Run Keeper adalah aplikasi yang cukup baik dengan harga yang pas, alias gratis.

Runtastic

Aplikasi Top 3 untuk Android adalah Runtastic. Fitur dan fungsinya sangat mirip untuk Cardio Trainer dan Run Keeper, Runtastic diarahkan pada latihan kardio seperti berlari, berjalan kaki, bersepeda dan hiking. Antarmuka mudah digunakan dan fitur pemetaannya akurat dan powerful.

Ya, Runtastic menyajikan fitur yang paling umum dan fungsi yang sama dengan dua aplikasi di atas, lalu kenapa Runtastic di posisi ketiga? Dua alasan utama pada saat kami coba di Oppo F3 adalah sebagai berikut:

1. Anda hanya bisa melihat peta rute Anda setelah menyelesaikan latihan.
2. Pengaturan personalisasi terbatas
Kurangnya pemutar musik internal

Smartphone Tepat untuk Jogging

Seperti yang kami sampaikan di bagian awal, tiga aplikasi di atas harus memenuhi tiga syarat utama, yakni gratis, GPS yang akurat, dan bisa dipersonalisasi. Saat mencoba tiga aplikasi di atas, kami menggunakan Oppo F3.

OPPO F3 Red (2)

Dalam hal spesifikasi, Oppo F3 sudah dibekali Android 7.0 Nougat, yang artinya mampu menjalankan versi aplikasi paling mutakhir yang disediakan pengembang.

Kedua, ketepatan dalam membaca GPS pada Oppo F3 bisa diatur sampai tiga level. Tingkat tertinggi yakni High Accuracy. Setelan “High Accuracy” akan bekerja sempurna dan memberikan tingkat detail yang Anda butuhkan.

Pada Oppo F3, terdapat tiga pilihan pengaturan GPS: High Accuracy, Low battery use, dan Device only. Jika Anda memilih High Acuracy, Oppo F3 akan bisa melacak lokasi dengan tepat menggunakan kombinasi sambungan yang ada: satelit GPS, operator selular, dan WiFi terdekat. Namun ketepatan GPS ini juga harus didukung cuaca langit cerah agar lebih cepat membaca lokasi.

Terakhir, kapasitas baterai besar menjadi syarat mutlak ketika menjadi asisten olahraga. Oppo F3 sudah dibekali baterai kapasitas 3200mAh yang bisa menjamin mampu menjadi asisten Anda dalam berlari selama 5 jam dengan sinyal penuh.

Latest