Beranda Tips Trik Memotret Malam Hari Menggunakan Kamera Ponsel

Trik Memotret Malam Hari Menggunakan Kamera Ponsel

-

IMG-20170827-WA0000Jakarta, Selulat.ID – Memotret siang hari menggunakan smartphone mungkin tidak terlalu kesulitan,karena pada siang hari kamera bisa menangkap objek lebih baik sebab adanya cahaya yang terang.

Tapi bagaimana jika mengambil gambar di malam hari, apalagi jika harus outdoor, hasilnya tentu tidak sebaik jika mengambil gambar di siang hari. Namun hal itu dapat disiasati jika mengetahui triknya memotret malam hari yang minim cahaya.

Berikut ini sedikit tips memotret pada malam hari menggunakan smartphone.

1. Fokus dan tidak goyang

Fokus dan jangan goyang sedikitpun, tahan nafas sebentar agar ketika menekan tombol shutter, kecuali jika smartphone sudah dilengkapi dengan fitur auto focus.

2. Andalkan Timer

Agar hasil foto nggak blur, akan lebih baik jika memakai fitur timer untuk mengambil gambar. Daripada repot-repot tahan napas saat menekan tombol shutter.Jika benar-benar kesulitan untuk menstabilkan tangan saat mengambil foto, fitur timer kamera bisa jadi alternatif. Fitur ini menggantikan peran jari yang rentan ikut bergerak saat meng-capture foto, alhasil gambar jadi blur.

3. Gunakan Tripod

Jika memungkinkan, gunakan tripod untuk menghindari pergeseran kamera karena tarikan nafas ataupun gangguan lainnya. Tripod merupakan salah satu alat yang bisa membantu saat kaliam ingin mengambil gambar pada malam hari yang minim cahaya, sehingga diperlukan shutter lambat agar cahaya bisa ditangkap lebih banyak.Letakkan smartphone di suatu tempat yang sudah ditentukan angle-nya untuk mengambil gambar.

4. Andalkan Night Mode

Gunakan fitur Night Mode yang terdapat pada kamera smartphone. Fitur ini hampir ada pada setiap smartphone yang beredar dipasaran saat ini, usahakan jangan bergerak saat memotret agar hasilnya tidak blur ya.

5. Hindari Flash

Jangan menggunakan flash jika ingin memotret objek yang jaraknya cukup jauh pada malam hari, sebab itu bisa menimbulkan bercak pada hasil fotonya, kacuali untuk jarak dekat bisa menggunakan flash agar hasilnya lebih maksimal.

6. Jangan Pakai Zoom

Hindari penggunaan fitur zoom ketika memotret agar hasilnya lebih rinci. Jika memang memungkinkan lebih baik dekati saja objeknya, atau biarkan ambil foto dari jarak Anda berada, namun crop saja hasilnya nanti.

7. Edit Foto

Edit foto setelah memotret. Misalnya saja ketika ingin tampilan foto hitam putih / B&W. Maka bisa gunakan berbagai aplikasi untuk bisa mempercantik foto yang terdapat di toko aplikasi yang ada di smartphone.

Artikel Terbaru