spot_img
BerandaNewsEnterprisePabrik Vivo Sudah Beroperasi Sejak Maret 2016

Pabrik Vivo Sudah Beroperasi Sejak Maret 2016

-

Edy Kusuma Vivo
Jakarta, Selular.ID – Dalam upaya memenuhi peraturan pemerintah, vendor ponsel yang hendak menjajakan produknya di Indonesia, diwajibkan melakukan proses produksi di dalam negeri. Mulai dari Oppo, Asus, Samsung, dan beberapa vendor lainnya, sudah melakukan kerjasama dengan manufaktur lokal, atau membangun tempat perakitan sendiri. Tidak terkecuali Vivo, yang sudah membangun pabrik di wilayah Cikupa, Tangerang, Banten.

Edy Kusuma, Brand Manager, Vivo Indonesia, mengatakan bahwa pabrik Vivo sudah beroperasi dari Maret tahun lalu. Semua model handphone yang dijual di Indonesia adalah Made in Indonesia. Sayangnya, selain di Cikupa dan beroperasi sejak tahun lalu, Edy bungkam soal informasi lainnya mengenai pabriknya tersebut.

“Mengenai kapasitas produksi berapa banyak, line-nya ada berapa, jumlah karyawannya berapa, teknologi apa yang dipakai, berapa persen komponen Indonesia, berapa persen yang masih impor, akan kami beritahu akhir bulan ini,” tutur Edy pada gelaran We The Fest 2017 di Jakarta (11/8/2017).

Sejak hadir di Indonesia empat tahun silam, Edy melihat bahwa mindset konsumen Tanah Air sudah berubah tentang produk China. “Dulu mayoritas menganggap remeh, tapi sekarang tidak lagi. Terbukti dari hasil laporan IDC yang menempatkan Vivo sebagai merek ponsel terbesar nomor 5 di Indonesia setelah Oppo, itu berarti mereka sudah percaya dengan produk kami,” papar Edy.

Maka dari itu Vivo serius menggarap pasar Indonsia dengan membangun pabrik di Cikupa sebagai syarat memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

“TKDN kami sudah 32%. Target kami adalah dengan adanya pabrik ini kami bisa memenuhi demand yang alhamdulilah terus meningkat. Kami bisa bilang semua produk Vivo diproduksi di Indonesi untuk pasar Indonesia,” terang Edy.

Semua produk Vivo yang dijual di Indonesia sudah memenuhi TKDN 32 persen. Model yang ada di pasar saat ini adalah Vivo V5, V5s, V5 Lite, dan V5 Plus.

“Mulai dari Maret 2016, semua produk Vivo sudah diproduksi di Indonesia, dan sekarang sudah memenuhi TKDN 32%. Bukan perakitan atau kerjasama dengan manufaktur, melainkan pabrik tunggal yang kami bangun sendiri,” pungkas Edy.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru