SHARE

huaweiJakarta, Selular.ID – Vendor-vendor smartphone asal China semakin agresif menguasai pasar dunia. Menurut Counterpoint Research, sebanyak 48 persen pengiriman smartphone global di kuartal kedua (Q2) 2017, dikuasai oleh vendor-vendor asal negeri tirai bambu.
Tercatat empat pemain utama, masing-masing Xiaomi, Vivo, Oppo dan Huawei, menjadi vendor dengan pertumbuhan tercepat di luar China daratan selama kuartal tersebut.

Huawei memimpin dengan pangsa pasar global, yakni 10,5 persen dibandingkan dengan 9 persen pada Q2 2016. Vendor dengan logo bunga berwarna merah menyala ini, mengirim 38,4 juta unit pada Q2 2017. Naik hingga 20 persen dari periode yang sama 2016 berkat kinerja yang kuat, terutama di pasar negara-negara berkembang.

Pengiriman Oppo meningkat 33 persen menjadi 30,5 juta unit, sementara Vivo naik 45 persen menjadi 24 juta. Kedua vendor yang masih dalam satu kelompok usaha ini, mencatat kenaikan pangsa pasar, masing-masing sekitar 2 persen menjadi 8,4 persen dan 6,6 persen.

Yang menarik adalah performa Xiaomi. Setelah sempat anjlok pada 2015-2016, Xiomi mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan di tahun ini. Sepanjang Q2-2017, pengiriman smartphone Xiaomi melonjak 60 persen year-on-year menjadi 23,2 juta unit.

Pangsa pasar smartphone yang dikesan setara iPhone dengan harga terjangkau itu, meningkat menjadi 6,3 persen dibandingkan 4,1 persen periode yang sama tahun lalu.

Dengan pencapaian yang signifikan itu, laju vendor-vendor China dipastikan akan semakin deras di tahun-tahun mendatang. Tiga wilayah dengan pertumbuhan potensial, yakni India, Asia Selatan dan Afrika akan menjadi target pasar utama mereka. Hal itu dilakukan demi mendorong skala dan pangsa pasar tambahan. Sekaligus melakukan diversifikasi dari pasar domestik China, yang semakin jenuh.

Di sisi lain, Counterpoint memperkirakan adanya pertumbuhan smartphone yang signifikan pada paruh kedua 2017, berkat iPhone generasi terbaru dan tambahan produk baru dari OEM lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here