Monday, April 6, 2020
Home News Gandeng Qualcomm, Pemerintah Serius Perangi Ponsel IIegal

Gandeng Qualcomm, Pemerintah Serius Perangi Ponsel IIegal

-

IMG-20170810-WA0009Jakarta, Selular.ID – Upaya pemerintah untuk memerangi ponsel ilegal kian menunjukan keseriusan. Melalui Kementriaan Perindustriaan (Kemenprin) yang menggandeng Qualcomm mengumumkan upaya untuk memberantas ponsel ilegal dengan mempelajari dampak dan penerapan Device Indentification Registration and Blocking Systen (DIRBS) di Indonesia.

I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian menjelaskan bahwa DIRBS ini memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, mendaftarkan dan mengontrol akses jaringan selular melalui  Internasional Mobile Equipment Indentity (IMEI) atau nomor seri yang ada di perangkat ponsel.

“Kerja sama ini tidak hanya untuk melawan peredaran perangkat ilegal, juga untuk memajukan industri telekomunikasi di Indonesia,” tutur I Gusti Putu Suryawirawan di Jakarta (10/08/17)

Dia  menuturkan sejak pendaftaran telepon genggam berlaku pada tahun 2013, telah terkumpul ratusan juta data terkait dengan nomor IMEI perangkat komunikasi di Indonesia. 

Sedangkan sejak awal tahun 2017, Kemenprin mencatat sebanyak 40 juta IMEI telah terdaftar. Tahap awal yang ditargetkan selesai dalam waktu 6 bulan ini dilakukan dengan mengumpulkan, mengelola dan menganalisa data terkait nomor imei pada perangkat.

Melalui kerja sama ini, database yang telah dianalisa dan diolah akan didistribusikan kepada kementerian terkait lainnya, salah satunya kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pembangunan pusat data IMEI ponsel ini ditujukan untuk mengendalikan impor perangkat dari negara luar serta mengendalikan produksi dan perakitan ponsel di dalam negeri.

Sementara itu dalam kerja sama ini, Qualcomm mendukung pembangunan pusat data ini dalam hal bantuan terkait teknis, pengalaman dan kemampuan, serta teknologi. Kesediaan Qualcomm dalam mendukung program pemerintah ini disebut karena melihat sektor mobile menjadi salah satu sektor terpenting dalam pertumbuhan infrastruktur dan teknologi di Indonesia.

TERBARU

Smartphone Xiaomi Bakal Punya Kamera 144MP?

Jakarta, Selular.ID - Belum puas dengan kamera 108MP pada Mi Note Pro, Xiaomi rupanya...

Skype Rilis Fitur Baru Meet Now

Jakarta, Selular.ID - Skype manfatkan situasi saat ini. Di tengah pandemi Covid-19, Skype dilaporkan...

Di Likee bisa Konsultasi Kesehatan secara Online

Menanggapi keadaan darurat kesehatan global akibat pandemi COVID-19, Likee, platform pembuatan video pendek global,...

Latest