spot_img
BerandaNewsFeatureUsulan Ditolak KPPU, Bos Indosat Ooredoo Serahkan Sepenuhnya Kepada Pemerintah

Usulan Ditolak KPPU, Bos Indosat Ooredoo Serahkan Sepenuhnya Kepada Pemerintah

-

alex rusli
Jakarta, Selular.ID – KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) merespon cepat terhadap usulan Dirut Indosat Ooredoo Alexander Rusli yang menginginkan pemerintah dapat memberlakukan tarif bawah data. Seperti diketahui, pada Senin (17/7/2017) lalu Alex mengirimkan surat kepada Menkominfo ditembuskan kepada KPPU dan Menko Perekonomian. Surat itu berisi permintaan untuk membuat aturan tarif internet demi menyelamatkan industri selular yang terancam kolaps gara-gara penerapan tarif murah.

Menurut Syarkawi Rauf, ketua KPPU , tarif bawah tidak sejalan prinsip persaingan yang sehat. Penetapan Tarif bawah dapat menghambat usaha masing-masing operator untuk melakukan efisiensi, mengurangi biaya dan menurunkan tarif.

“Sikap KPPU jelas, menolak penetapan Tarif bawah. Hal ini setelah mengamati perbandingan Tarif komunikasi data antar operator yang saat ini sangat kompetitif dan menguntungkan konsumen,’ tegas Syarkawi.

Meski KPPU menolak usulan tarif bawah data, Alex menegaskan tak patah semangat. Menurutnya, yang diperlukan dalam mengatasi persoalan ini adalah dialog konstruktif yang melibatkan seluruh stake holder.

“Penetapan tarif bawah data bertujuan baik untuk menyehatkan industri. Jika untuk kebaikan bersama kita perlu dialog. Memang tarif dapat tetap bebas sesuai dengan kebijakan masing-masing operator. Kami hanya minta diatur hanya yield-nya. Kondisi sekarang juga hasil dari pemerintah yang keluarkan banyak lisensi. Jadi pemerintah harus memfasilitasi”, ujar Alex.
Nah, setelah KPPU tak setuju dengan usulan tarif bawah data, kini bola berpindah ke Menkominfo Rudiantara. Kita tunggu jawaban menteri yang akrab dipanggil Chief RA ini.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru