tips-merawat-baterai-ponselJakarta, Selular.ID – Baterai adalah salah satu elemen inti yang terdapat di ponsel maupun gadget lain yang membutuhkan sumber daya. Tanpa adanya baterai, ponsel atau gadget tidak akan bisa menyala karena tak adanya sumber daya. Belakangan ini, sering ditemui kendala pada baterai ponsel yang boros.

Banyak faktor yang mempengaruhi melemahnya kinerja baterai, salah satunya kesalahan pada saat pengisian daya. Layaknya manusia, baterai pun mempunyai “nyawa” agar baterai awet meski sering digunakan.

Jika manusia ingin selalu sehat, maka dia harus menjalani pola hidup yang sehat juga seperti olahraga, menghindari rokok dan lain sebagainya. Begitu juga dengan baterai, dia harus selalu dirawat dengan baik agar kinerjanya tetap optimal. Nah, berikut ini Selular bagikan tips cara merawat baterai ponsel agar tetap awet.

Jauhkan Dari Suhu Ekstrem

Jika baterai ditempatkan pada temperatur 60 derajat selama kurun waktu setahun, maka baterai akan kehilangan daya tahannya sebanyak 80%. Baterai juga dapat kehilangan daya tahannya secara alamiah ketika berada di temperatur normal (25 derajat) tiap tahunnya sebanyak 20%.

Komponen yang terdapat di dalam baterai ponsel juga sangat berbahaya jika meledak. Maka dari itu, jaga selalu baterai ponsel kalian ketika sedang berada di suhu yang ekstrem.

Jangan Menggunakan Ponsel Ketika Sedang Dicharge

Demi tetap eksis di dunia maya atau sekedar chattingan, beberapa orang tetap nekat menggunakan ponselnya saat sedang dalam keadaan pengisian. Hal ini tentunya dapat memicu berkurangnya kinerja baterai ponsel kalian. Disamping itu, hal ini juga dapat menimbulkan bahaya. Sebaiknya, jangan menggunakan ponsel kalian disaat sedang dalam pengisian daya.

Hindari Baterai Agar Tidak Kosong

Jika kalian membiarkan baterai ponsel kosong dalam waktu yang lama, hal ini dapat memperburuk ketahanan baterai tersebut. Sebaliknya, jika kalian terlalu lama dalam melakukan pengisian daya, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan baterai.

Sebaiknya, hindarkan baterai ponsel sampai benar-benar kosong. Lakukan pengisan daya jika presentase baterai ponsel kalian sudah menunjukan angka 15% dan lepaskan pengisian daya jika kondisi baterai sudah menunjukkan 100%.

Itulah beberapa kiat dalam menjaga kesehatan baterai ponsel ala Selular.(rf)