Endless OS Tambahkan Dukungan untuk Developer

Ilustrasi Mengembangkan Profesi Data Scientist di Indonesia

Ilustrasi Mengembangkan Profesi Data Scientist di Indonesia
Ilustrasi Mengembangkan Profesi Data Scientist di Indonesia

Jakarta, Selular.ID – Sistem operasi Endless mengumumkan ketersediaan update anyar, pembaharuan OS untuk desktop dan laptop. Endless OS 3.2 menawarkan para penggunanya peningkatan pengalaman penggunaan desktop, App Center, fitur baru notifikasi terintegrasi, dan penyempurnaan Endless Desktop Search untuk pencarian informasi yang lebih baik.

Dibuat dengan code base GNOME yang diperbaharui dan sudah termasuk ribuan fitur terkini, versi OS terbaru ini memampukan para pengembang untuk memasang aplikasi dengan lebih mudah, didukung pula oleh ide multifungsi dan fitur penting lainnya yang memperkaya kemampuan para pengembang aplikasi.

“Pembaharuan Endless OS adalah wujud kepercayaan kami terhadap open source sebagai roda inovasi yang menyatukan individu, ide, dan organisasi terbaik dari seluruh dunia untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar menarik bagi pengguna,” kata Matt Dalio, CEO and Founder, Endless Computers, dalm siaran resmi yang diterima Selular.ID (20/7/2017).

Sejalan dengan pembaharuan ini, perusahaan sedang mempersiapkan lebih dari 50 aplikasi tambahan untuk sejumlah pasar termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Brazil, Amerika Latin, dan Amerika Utara.

Kini pengguna juga bisa mengintegrasikan akun-akun daring populer seperti Facebook, Google, Microsoft, dan layanan web lainnya dengan Endless OS. Navigasi desktop dibuat lebih mudah dan ada juga opsi pembuatan akun pengguna desktop baru tanpa kata kunci.

Sejak pertama kali dinyalakan, Endless OS menyediakan semua yang pengguna butuhkan untuk belajar, bekerja, dan berekreasi, termasuk berbagai aplikasi pendukung hiburan, permainan, kesehatan, hingga riset, pendidikan, dan usaha kecil.

Dalio menambahkan, para pengembang juga akan menyukai kemampuan baru Endless OS 3.2 yang mempercepat pemasangan aplikasi-aplikasi khusus dan sesuai dengan kebutuhan berbagai target pasar. Hampir semua aplikasinya bekerja tanpa membutuhkan koneksi internet, sehingga menjamin keseluruhan Endless OS bekerja baik dalam keadaan offline serta di area-area minim bandwith maupun dalam keadaan online.

Pengembang aplikasi pun disuguhi dengan penyempurnaan aplikasi Builder dan Flatpak, termasuk kemampuan instalasi aplikasi Flatpak dari pihak ketiga.

“Endless OS dibuat di atas hasil kerja komunitas peranti lunak gratis dan open-source selama beberapa dekade, dan kami berhutang banyak kepada mereka,” kata Cosimo Cecchi, Director of Core Engineering, Endless Computers.

Versi terbaru Endless OS sudah tersedia juga untuk diunduh secara gratis di situs resmi Endless, dan sudah menjadi OS bawaan beberapa jajaran merek notebook, yaitu Acer, Asus, dan HP di Indonesia, Thailand, dan Brazil.