spot_img
BerandaNewsIDC: Pasar Wearable Device Tumbuh 18 Persen

IDC: Pasar Wearable Device Tumbuh 18 Persen

-

wearables idc 3
Jakarta, Selular.ID – Fitbit Inc. terjun ke posisi ketiga di pasar wearable device (perangkat yang bisa dipakai) pada kuartal pertama 2017, kalah bersaing dengan jam tangan terhubung dan band kebugaran dari Apple Inc. dan Xiaomi Corp.

Bagian Fitbit turun menjadi 12 persen dari seluruh penjualan unit dari 23 persen di tahun sebelumnya, menurut data dari peneliti pasar IDC yang dirilis hari ini (5/6/2017). Perusahaan yang berbasis di San Francisco ini melihat dominasinya memudar meski pasar perangkat secara keseluruhan tumbuh 18 persen menjadi 24,7 juta pengiriman ke seluruh dunia. Xiaomi dan Apple keduanya seri untuk tempat pertama, masing-masing sekitar 15 persen.

Terlepas dari keberadaan pesaing baru, Fitbit berhasil mempertahankan keunggulannya selama beberapa tahun, mengais keuntungan dari kemunculan dini di pasar yang tengah berkembang pesat. Tahun lalu, permintaan turun karena konsumen beralih ke perangkat baru dengan lebih banyak fungsi. Penjualan juga sempat terpukul tahun lalu karena kesalahan manufaktur.

“Fitbit menemukan dirinya berada di tengah transformasi saat selera pengguna berkembang dari band kebugaran hingga jam tangan dan produk lainnya,” Ramon Llamas, seorang analis IDC, menulis dalam laporan tersebut.

“Hal ini memungkinkan Xiaomi untuk mendominasi perangkat murahnya di pasar China dan agar Apple memanfaatkan posisinya sebagai penyedia smartwatch terkemuka di seluruh dunia.”

Chief Executive Officer James Park menyatakan bahwa perangkat Fitbit yang akan datang akan menghidupkan kembali permintaan dan menjangkau konsumen baru. Perusahaan telah mengakuisisi startups Coin, Pebble and Vector untuk membantu memproduksi smartwatch pertamanya. Meski Fitbit memiliki basis pengguna setia, serangannya ke dalam kategori baru akan menghadapi persaingan ketat dari Apple Watch dan banyak lagi jam tangan Android yang lebih murah.

Di saat Fitbit mencoba untuk membedakan produk terbaru dengan fokus pada kebugaran, Apple malah sudah dua kali lipat dalam pelacakan kesehatan. Bulan lalu, Apple mengakuisisi Beddit, pembuat hardware dan software pelacakan tidur.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru